TP PKK Kelurahan Bulusan Gandeng UNTAG dan TRC PPA Banyuwangi Menggelar Kegiatan Kadarkum

Banyuwangi, Jawa Timur | Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi mengadakan kegiatan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) dengan peserta PKK, Ketua RT dan RW se-Kelurahan Bulusan. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kelurahan Bulusan, Rabu (13/10), dengan menghadirkan narasumber dari Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi dan ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Banyuwangi.

Dekan Fakultas Hukum UNTAG, Rudi Mulyanto, S.H. M.Kn. mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pada masyarakat terutama di desa terkait dengan hukum.

“Harapannya ke depan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala,  tidak hanya di kelurahan Bulusan saja,  tapi di tempat lingkungan bahkan di kelompok pengajian. Saat ini yang mengawali atau yang pertama kali kegiatan seperti ini masih PKK Bulusan”. Kata Rudi.

“Ini semua adalah permintaan masyarakat sendiri, jadi nanti sama ibu-ibu PKK nanti ranahnya akan dibawa ke acara informal seperti kegiatan PKK, kegiatan sosial di masyarakat”.  Imbuhnya.

Sementara itu, menurut Veri Kurniawan S.ST, selaku Ketua Kordinator Daerah TRC PPA  Kabupaten Banyuwangi mengapresiasi kegiatan ini secara positif dalam memberikan edukasi tentang hukum kepada masyarakat.

 

“Kegiatan positif dan bersifat sosial yang memberikan edukasi positif harus di dukung penuh. Kita harus bangga karena Banyuwangi ada Universitas yang punya Fakultas Hukum yang sudah banyak mencetak manusia yang berkualitas di bidang hukum”. Ujar Veri.

Masih menurut Veri, Tim TRC PPA  sangat senang karena bisa berkolaborasi dengan Fakultas Hukum UNTAG Banyuwangi.

“Selain bisa memperkenalkan TRC PPA di masyarakat terkait peran dalam persoalan perempuan dan anak, saya pribadi bisa banyak belajar dari masyarakat langsung dan dari pihak Fakultas Hukum”. Ungkap Veri

 

Abadi

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI