BKAD Kabupaten Melawi Menggelar Bimtek KPM Desa Untuk Penanganan Konvergensi Stunting

Melawi, Kalbar | Dalam upaya meningkatkan kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Desa. Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) advokasi konvergensi pencegahan stunting di desa dengan menggunakan aplikasi digital elektonik Human Development Worker (eHDW). Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 5 hari di Hotel Cantika, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Rabu (13/10).

Ketua BKAD Kabupaten Melawi, Kries Sukamto mengatakan, lembaga yang di pimpinnya ini telah diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang diatur dalam pasal 91 dan pasal 92.

“BKAD merupakan lembaga yang dibentuk untuk memfasilitasi kerja sama antar Desa, antar Kecamatan untuk semua kepentingan Pemerintah Desa dan masyarakat. Contohnya kegiatan upaya Peningkatan Kapasitas KPM dalam advokasi konvergensi stunting yang kita laksanakan saat ini”. Ujar Kries Sukamto, Rabu (13/10).

Kries Sukamto juga menjelaskan, kegiatan ini telah di mulai diagendakan selama 5 (lima) hari, sejak 4 Oktober 2021. Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir maka kegiatan di bagi zonasi per Kecamatan.

“Kegiatan ini kita mulai pada tanggal 4 Oktober 2021 lalu dan sempat tertunda beberapa hari karena adanya banjir di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Melawi. Kegiatan ini dilanjutkan pada tanggal 7, 11, 12 dan 13 Oktober 2021”. Jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin berharap melalui Bimtek ini KPM Desa dapat memahami dan melakukan pendataan secara akurat angka stunting di desa binaannya serta melakukan edukasi kepada warga yang anaknya dinyatakan stunting.

“Bimtek ini diikuti 169 Desa yang ada di Kabupaten Melawi, selain agar KPM memahami tupoksinya, diharapkan KPM dalam melaksanakan tupoksinya bersinergi dengan tenaga kesehatan di desa atau bidan desa serta bisa mengoperasikan aplikasi eHDW yang telah dibuat oleh Kementerian Desa”. Harapnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI