Komunitas Serama Khatulistiwa Menggelar Kontes Seni Kecantikan Ayam Serama Se-Kalbar

Pontianak, Kalbar | Komunitas ayam Serama Khatulistiwa Kalimantan Barat menggelar kegiatan kontes seni kecantikan ayam serama. Kegiatan kontes seni ayam serama dilaksanakan di Tanjung Hilir, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak Minggu (10/10).

Ketua panitia, H. Bambang Wijanarko mengatakan, kegiatan kontes seni ayam serama dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta mempererat persaudaraan dan memajukan komunitas serama di Kalbar. Peserta yang mengikuti kontes seni dari berbagai komunitas ayam serama Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar.

“Hampir di seluruh Kabupaten/Kota sudah ada komunitas ayam serama. Melihat antusias teman-teman komunitas yang hadir hari ini insya Allah kedepannya kita akan adakan kontes lebih besar lagi. Dengan adanya kontes hari ini, tentunya teman-teman komunitas sudah mempunyai program untuk mempersiapkan ayam seramanya lebih baik lagi”.

Di tempat yang sama, Sekretaris Komunitas Serama Kalbar, Rido menambahkan, komunitas ini berdiri pada awal tahun 2018 silam. Ia mengatakan sebelumnya memang sudah ada namun belum ada wadah yang menaungi, sehingga kami berinisiatif komunitas ayam serama Kalbar.

“Sebelum tahun 2000 an itu sudah ada, tapi masih bersifat individual dan belum ada wadah atau komunitasnya. Maka kami berinisiatif untuk membentuk komunitas ayam serama di Kalbar”. Kata Rido.

Disampaikan Rido, dalam kontes seni kecantikan ayam serama ini ada beberapa aspek yang menjadi penilaian panitia, diantaranya mulai dari jengger hingga bentuk kaki dari ayam serama tersebut. Ia berharap dengan adanya kontes ini serama di Kalbar dapat berkembang dan di kenal masyarakat secara luas.

“Dalam kontes ini ada beberapa aspek yang di nilai dari ayam serama itu sendiri. Mulai dari jengger, kepakan sayap, keindahan warna dan bulu ayam dan yang lainnya, semua itu memiliki poin tersendiri yang dinilai oleh juri. Standar penilaian juga mengacu pada pada standar nasional serama se-Indonesia”. Pungkasnya.

Rido juga berharap ke depan, dengan adanya komunitas ayam serama ini. Komunitas ayam serama Kalbar dapat berkiprah baik secara nasional maupun internasional.

“Di Malaysia, Thailand dan Vietnam juga sudah ada komunitas dan kontes ayam serama, bahkan USA Serama komunitas juga ada. Nah, harapan kita, komunitas ayam serama Kalbar bisa mengikuti kontes di negara-negara yang sudah ada komunitas ayam serama”. Tutupnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI