Disdukcapil Kota Bogor Berikan Layanan Prima Dengan Jargon “Si Kancil Berlari”

Bogor, Jawa Barat | Untuk menciptakan layanan yang prima, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor melakukan inovasi Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan mengeluarkan tiga program layanan cepat.

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto, mengatakan, Disdukcapil Kota Bogor terus berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat. Ada 3 (tiga) SOP yang diterapkan oleh Disdukcapil dalam memberikan pelayanan administrasi dokumen kependudukan.

“Untuk memberikan layanan yang terbaik, di Disdukcapil ada 3 SOP yang kita terapkan yaitu, Layanan Cetak Langsung, Layanan Loket Umum, dan Layanan Online. SOP nya maksimal 15 menit, tidak ada layanan yang ditunda untuk besok, semua dikerjakan dalam satu hari”. Kata Sujatmiko, saat di wawancarai metroindonesia.id, Jumat (8/10) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Sudjatmiko, layanan cetak langsung adalah layanan dokumen yang tidak ada perubahan elemen data, misalnya pembuatan KTP yang rusak, hilang dan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk layanan loket umum adalah seluruh layanan di Disdukcapil yang memerlukan perubahan elemen data untuk memastikan akurasi data untuk menghindari kesalahan dalam melakukan input data. Sedangkan layanan online adalah terobosan Disdukcapil di masa pandemi Covid-19, dimana masyarakat bisa melakukan pendaftaran online untuk mengurus dokumen identitas kependudukan dan masyarakat bisa mengambil di loket telah disediakan Disdukcapil.

“Untuk layanan umum menggunakan sistem digital, dalam hal ini masyarakat mengambil nomor antrian dan menunggu panggilan dan langsung jadi jika sudah benar data yang di input. Dari ketiga SOP tersebut kita beri jargon layanan Disdukcapil dengan nama Si Kancil Berlari (Sistem Kependudukan dan Catatan Sipil, Berintegritas Layanan Prima). Tutupnya.

 

Penulis : Lukas Diana

Editor : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI