Banjir Di Kecamatan Nanga Pinoh, Camat Himbau Warga Agar Waspada dan Saling Peduli

Melawi, Indonesia | Banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat menjadi perhatian serius Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh. sebagai bentuk kepedulian, Camat Nanga Pinoh, Halma Trisno, S. STP., didampingi Kepala Desa Tanjung Tengang, Selamet Hariyanto, memberikan bantuan sembako kepada Pondok Pesantren Nadhlatul Wathon di Desa Tanjung Tengang, Kecamatan Nanga Pinoh, Senin (4/10).

Camat Nanga Pinoh, Halma Trisno mengatakan, Bantuan yang  diberikan kepada Ponpes Nadhlatul Wathon sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh. Mengingat lokasi Pondok tersebut terletak di dataran rendah dan rawan banjir. Bantuan diterima langsung oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nadhlatul Wathon, Husni S.Pd.I.

“Saya didampingi Kades Tanjung Tengan, usai pelantikan BPD Desa langsung menuju Ponpes untuk menyalurkan bantuan. berdasarkan informasi ponpes tersebut kerap terkena banjir. Bantuan itu sebagai bentuk kepedulian kita bersama terhadap saudara kita yang terkena banjir”. Kata Halma Trisno, saat ditemui di ruang kerjanya.

lebih lanjut, Halma Trsino juga mengatakan. banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Nanga Pinoh disebabkan curah hujan di hulu sangat tinggi. menurut informasi,, beberapa hari lalu di kecamatan Ambalau dan Kecamatan Serawai mengalami banjir besar. namun saat ini sudah berangsur surut.

“Dengan berangasur surutnya air di wilayah hulu Sungai Melawi dan Sungai Pinoh, tumpuan air akan terpusat di Kecamatan Nanga Pinoh. Beberapa Desa di Kecamatan Nanga Pinoh sudah ada yang terkena Banjir yaitu, Desa Paal, Kelakik, Nanga Kayan, Desa Baru. Saya menghimbau kepada warga untuk mewaspadai akan datangnya banjir” Kata Halma Trisno.

Selain memberikan himbauan kepada masyarakat, Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh juga membuka Posko untuk melakukan penggalangan donasi untuk korban bencana banjir di Kecamatan Nanga Pinoh.

“Saya juga mengajak kepada kita semua khususnya warga Kecamatan Nanga Pinoh untuk peduli dan berbagi dengan memberikan bantuan atau donasi kepada warga yang terdampak banjir. Bantuan tersebut bisa berupa uang maupun barang. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk empati dan rasa persaudaraan. Untuk sementara, bagi masyarakat yang ingin berdonasi berupa barang, bisa langsung disampaikan ke Kecamatan”. Ucapnya.

Disampaikan Halma Trisno, bagi masyarakat yang ingin berdonasi berupa uang dapat di transfer ke rekening Bank BRI dengan nomor rekening 2049-01-019921-53-1 atas nama Yulianda Kurniawan, kontak person di nomor 0812 5550 5951.

“Bagi warga yang ingin memberikan bantuan berupa uang dapat melakukan transaksi pada rekening tersebut. setelah melakukan transaksi agar bisa memberikan konfirmasi kepada yang bersangkutan. Nantinya uang tersebut akan kita belanjakan untuk disalurkan kepada warga yang terdampak banjir”. Tutupnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI