Intensitas curah hujan tinggi, Personil Polsek Kayan Hilir Cek Debit Air Sungai

Sintang, Indonesia | Dalam beberapa hari ini curah hujan sangat tinggi. Personil Polsek Kayan Hilir, Kabupaten Sintang  melaksanakan pengecekan debit air Sungai Kayan pada Minggu (3/10).

Kapolsek Kayan Hilir, AKP Sudayat, melalui Bripka Supardi menjelaskan, bahwa kegiatan pengecekan debit air merupakan wujud kegiatan pelayanan kepolisian sebagai upaya mencegah lebih dini terhadap kemungkinan terjadinya banjir secara tiba tiba yang dapat membahayakan masyarakat yang tinggal di sekitar pingiran sungai Kayan. Selain pengecekan debit air, Polsek Kayan Hilir  juga menghimbau dan mengingatkan masyarakat selalu berhati hati dan waspada dengan debit air yang mulai naik saat ini.

“Pengecekan dilakukan sebagai langkah antisipasi naiknya debit air sungai. Terutama di Desa Nanga Mau. Volume air semakin naik, dan saat ini sudah menggenangi jalan di pinggiran pasar Sungai Kayan. Itu disebabkan hujan di hulu dan air kiriman dari sungai tebidah sehingga arus sungai sangat deras sekali”. Jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Kayan Hilir AKP Sudayat menambahkan, kegiatan pengecekan debit air tersebut dilakukan dalam rangka tanggap waspada terhadap banjir kiriman.  Mengigat curah hujan yang sangat tinggi di hulu, terutama Sungai Tebidah yang muara air mengalir ke Sungai Kayan.

“Pengecekan yang dilakukan personil Polsek Kayan Hilir adalah sebagai upaya antisipasi sebelum terjadinya bencana banjir. Ketika banjir datang kita sudah ada kesiapan dalam penanganannya”. Tutupnya.

 

Sumber : Humas

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI