Intensitas Curah Hujan di Kecamatan Ambalau Tinggi Menyebabkan Satu Desa Terendam Banjir

Sintang, Indonesia | Intensitas curah hujan di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang cukup tinggi. Menyebabkan beberapa sungai di Kecamatan Ambalau meluap. Akibatnya, Desa Korong Daso yang berada di bantaran Sungai Melawi terendam banjir hingga setinggi dada orang dewasa.

Kapolres Sintang, AKBP Ventie Bernard Musak, melalui Kassubag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto mengatakan, beberapa hari ini intensitas hujan cukup tinggi di Kecamatan Ambalau sehingga menyebabkan beberapa sungai yang ada di Ambalau meluap. Akibatnya Desa Korong Daso di Kecamatan Ambalau terendam air setinggi orang dewasa.

“Beberapa hari ini curah hujan tinggi, beberapa sungai dan anak sungai di Ambalau meluap. Desa Korong Daso terendam air setinggi orang dewasa”. Kata Iptu Hariyanto, saat dihubungi via pesan WhatsApp, Sabtu, (2/10).

Lebih lanjut dikatakan, beberapa warga ya mengungsi kerumah sanak keluarga mereka di dataran tinggi. Sedangkan untuk komplek pasar warga hanya pindah ke lantai dua ruko mereka. Ia juga berharap tidak ada hujan malam ini, sehingga debit air bisa turun.

“Kita berharap mudah-mudahan tidak ada hujan subuh ini, dan besok pagi sudah kembali normal. karena selama ini banjir di Kecamatan Ambalau biasanya setelah air bertahan akan surut dalam waktu 6 sampai 8 jam. Hanya saja, air kiriman dari Kecamatan Ambalau akan tumpah ke Kecamatan Serawai subuh nanti”. Tutupnya.

Penulis : Ade Shalahudin/Dk

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI