Curah Hujan Tinggi, Kecamatan Serawai Alami Banjir Besar

Sintang, Indonesia | Debit air di Sungai Melawi, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang mengalami kenaikan. Hal tersebut disebabkan curah hujan di hulu sungai cukup tinggi. Untuk mengantisipasi adanya banjir, Polsek Serawai melaksanakan patroli untuk memonitor kenaikan debit air Sungai Melawi pada Sabtu (2/10), pukul 15:25 WIB.

Kapolsek Serawai, AKP Muhammad Rasyid mengatakan, kegiatan patroli dilaksanakan bersama Forkopimcam Serawai dalam rangka melakukan monitor kenaikan debit air Sungai Melawi. Beberapa hari ini curah hujan sangat tinggi sehingga debit air Sungai Melawi di Kecamatan Serawai mengalami kenaikan.

“Kegiatan patroli dilakukan pada wilayah hukum Polsek Serawai yang terdampak banjir. Sasaran patroli adalah objek vital serta pemukiman padat penduduk. Dari hasil pantauan patroli, ketinggian air mencapai kurang lebih 4 meter dari bahu jalan”. Kata AKP Muhammad Rasyid.

Lebih lanjut, Iptu Muhammad Rasyid mengatakan, jika banjir terjadi di Kecamatan Serawai akan berdampak kepada 18 Desa yang ada di sepanjang Sungai Melawi. Dalam kegiatan patroli juga membantu warga melakukan evakuasi serta memberikan himbauan Kamtibmas.

“Selain melakukan patroli, kami juga membantu evakuasi barang-barang berharga milik warga. Dalam mengevakuasi barang-barang menggunakan sampan agar waspada memperhatikan arus deras sungai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”. Jelas AKP Muhammad Rasyid.

Selain itu, AKP Muhammad Rasyid juga menghimbau kepada warga agar selalu waspada, terutama kepada anak-anak dan lansia. Hal tersebut perlu disampaikan, mengingat derasnya arus Sungai Melawi saat ini.

“Saya menghimbau kepada warga Serawai agar waspada dan berhati-hati. Terutama kepada orang tua, agar menjaga anak-anaknya dan lansia serta barang berharga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. karena dimungkinkan debit air masih akan naik. Karena saat ini di Kecamatan Ambalau kondisi air masih bertahan”. Imbaunya.

 

Penulis : Ade Shalahudin/Dk

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI