Danrem 061/Sk Terima Pesan Kusus dari Habib DR (HC) M. Lutfi Agar Tetap Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa 

Bogor, Indonesia | Bertempat di Jl.Pahlawan no.60 RT 002/06 Kelurahan Empang Bogor Selatan Kota Bogor telah dilaksanakan tasyakuran peresmian joglo Raden Saleh Syarif Bustaman serta penandatanganan prasasti. Pada kegiatan tersebut Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. turut menghadiri dan didampingi oleh Dandim 0606/KB Kolonel Inf Roby Bulan. Rabu (29/9).

Mengutip dari Sejarah Bangsa, Raden Saleh Sjarif Boestaman adalah pelukis Indonesia beretnis Arab-Jawa yang menjadi pionir seni modern Indonesia dizaman Hindia Belanda. Selain seorang pelukis, ia adalah seorang ilmuwan Indonesia pertama dalam bidang paleontologi. Raden Saleh Syarif Bustaman merupakan perintis seni lukis modern Indonesia beraliran “Romantisme”. Akan tetapi lukisan karya nya pada umumnya menggambarkan perjuangan dalam menhadapi tantangan hidup dizaman penjajahan. Hal itu disampaikan oleh Danrem kepada awak media usai menghadiri kegiatan tersebut.

Merasa Mendapat Fitnah dan Pencemaran Nama Baik Dari Beberapa Media

” Raden Syarif adalah seniman yang sangat terkenal, bahkan selama hidupnya Ia dikagumi oleh para pejabat dan bangsawan Eropa. Ia banyak mendapatkan penghargaan diantaranya yaitu penghargaan dari Pemerintah Indonesia pada tahun 1969 melalui departemen pendidikan dan kebudayaan secara anumerta memberikan piagam anugerah seni sebagai perintis seni lukis di Indonesia, bahkan sebagai wujud perhatian lainnya Presiden Sukarno membangun ulang makam Raden Syarif di Bogor yang dilakukan oleh Ir. Silaban. Dan selain itu sejumlah lukisannya dipakai untuk ilustrasi benda berharga negara misalnya pada akhir tahun 1967 PT mengeluarkan perangko seri Raden Saleh dengan reproduksi dua lukisannya.” Tambah Danrem lebih jelas lagi.

Hal itu tentunya menggambarkan bahwa sosok seorang Raden Saleh Syarif Bustaman adalah seorang seniman besar yang dimiliki oleh Indonesia. Oleh karena itu Brigjen TNI Achmad Fauzi bercermin dari sosok Raden Saleh, Ia mengambil hikmah dari nama besar tokoh seniman ini. Yang mana Ia akan selalu menjaga dan merawat kebhinekaan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti yang disampaikan juga oleh Habib Dr (HC) Muhammad Lutfi selaku Watimpres kepada Danrem 061/SK, Habib Lutfi berpesan agar ketika berada di manapun untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Demi tanah air tercinta.

” Indonesia ini terdiri dari berbagai suku budaya bangsa dan agama, Indonesia tetap ada karena pahlawan bangsa yang berbeda-beda, termasuk para seniman besar yang juga mempunyai peran penting pada masanya. Salah satunya adalah Raden Saleh. Oleh karena itu, maka marilah kita bersama-sama melestarikan dan menjaga seni budaya bangsa agar tidak punah dan terus dikenal di seluruh dunia. Dan juga marilah kita menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan marila.” Pungkasnya.

Hadir juga pada kegiatan tersebut yaitu Walikota Bogor Dr.H.Bima Arya.S., Wakil Walikota Bogor, Ketua MUI/Rois Syuriah PCNU KH Mustofa ABN LC, Kapolresta Bogor, Kapolsek Bogor Selatan, Camat Bogor Selatan serta Lurah Empang.

 

Sumber: Penrem 061/SK

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI