DPMD Melawi Gelar Rakor : TPP Perpanjangan Tangan Dinas Dalam Melakukan Pembinaan di Desa

Melawi, Indonesia | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Pendamping Desa Se-Kabupaten Melawi. Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel Rajawali Nanga Pinoh, Selasa (28/9) dan dibuka secara resmi olek Kepala Dinas DPMD, H. Hasanuddin.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin mengatakan, Rakor bersama TPP dilaksanakan dalam rangka fasilitasi penyusunan perencanaan pembangunan desa. Dimana TPP Pendamping Desa merupakan perpanjang tangan DPMD untuk membantu desa dalam menyusun rencana pembangunannya.

“Rakor ini kita gelar bersama TPP se- Kabupaten Melawi, Mulai dari Tenaga Ahli Kabupaten hingga Pendamping Lokal Desa. Tujuannya untuk fasilitasi penyusunan perencanaan desa. Pendamping desa merupakan perpanjangan tangan DPMD dalam melakukan pembinaan di Desa”. Kata H. Hasan, sapaan akrabnya.

Disampaikan H. Hasanuddin, dari 169 desa yang ada di Kabupaten Melawi, untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pada tahap II ada 3 desa yang belum cair dananya. Hal tesebut disebabkan lambatnya administrasi di desa. Ia meminta agar desa yang terlambat segera menyampaikan laporannya.

“Desa yang terlambat pencairannya yaitu Desa Ganjang, Tanjung Sari dan Lengkong Nyadom. Diharapkan untuk segera melengkapi administrasinya dan jika ada kendala silakan berkoordinasi dengan Pendamping Desa dan DPMD”. Ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pendamping Desa agar melakukan pendataan bagi desa yang sudah membentuk BUMdes. Selain itu, agar dilakukan pendampingan dalam pembentukannya.

“Lakukan pendataan bagi desa yang telah membentuk BUMdes dan juga agar dilakukan pendampingan, mulai dari pembentukan pengurus, AD/ART BUMdes dan dokumen pendukung lainnya untuk BUMdes tersebut”. Pesan H. Hasan kepada para TPP Se-Kabupaten Melawi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris DPMD Kabupaten Melawi, Rima Pramita, Kabid Perencanaan dan Pembangunan DPMD, Zulkifli, dan para Kepala Seksi serta seluruh TPP se-Kabupaten Melawi. Kegiatan Rakor dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI