Ratusan Sopir Gelar Unjuk Rasa di Halaman Kantor Bupati Banyuwangi

Banyuwangi, Jawa Timur – Ratusan Sopir Dam Truk yang tergabung dalam organisasi Armada Matrial Banyuwangi (AMBi) menggelar aksi demontrasi di halaman Kantor Bupati Banyuwangi, , Jawa TimurSenin 20/9/21. Aksi tersebut meminta agar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tegas terhadap armada yang bermuatan melebihi tonasenya.

Ketua AMBi, M. Jainuri mengatakan, aksi yang digelar bersama rekan-rekan sopir lainnya meminta kepada Pemkab Banyuwangi agar menindak tegas terhadap armada yang bermuatan di atas standar.  Karena hal tersebut tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kedatangan M. Jainuri dan rekan-rekannya diterima langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di ruangannya. dalam pertemuan terbatas tersebut, Bupati Banyuwangi berjanji akan mempercepat pembuatan Perbub tentang pengangkutan barang sambil menunggu Peraturan Gubernur Jawa Timur terkait hal tersebut.

Diduga Ada Kejahatan Perbankan di Penyaluran BPNT

“Perlu adanya komitmen untuk penegakan standarisasi dimensi angkutan barang sesuai undang-undang”. Tegas M. Jaiunuri.

M. Jainuri juga menyampaikan, penegndalian muatan yan’g berhubungan dengan proyek pemerintah akan dituangkan dalam perjanjian kerja. Dalam hal ini AMBi akan memakai pemotongan dimensi angkutan barang sesuai peraturan yang berlaku.

”Hanya bak standard yang dapat masuk ke dari pada proyek pemerintah dan mitra kerjanya. Semoga dengan perjanjian atau komitmen ini, ke depankita bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan di Kabupaten Banyuwangi”‘. Kata M. Jainuri.

Sebelumnya, aksi demontrasi yang di gelar secara damai tersebut sempat mengakibatkan akses jalan harus di tutup. Sejumlah aparat Kepolisian Polresta Banyuwangi juga turun tangan untuk mengamankan aksi tersebut agar berjalan aman, tertib serta memastikan para pengunjuk rasa tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19. Usai menyampaikan hasil pertemuannya dengan Bupati Banyuwangi, M. Jainuri dan rekan-rekan sopir lainnya dengan tertib membubarkan diri.

 

Penulis : Raden

Editor : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI