Diduga Ada Kejahatan Perbankan di Penyaluran BPNT

  • Kadis Sosial Kabupaten Banyuwangi membenarkan transaksi e warung secara manual..

Jakarta, Indonesia | Penyaluran dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima warga secara elektronik melalui kartu ATM Bank Nasional diduga dimanfaatkan oknum untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Sesuai kode etik jurnalistik pasal 3 dalam menguji kebenaran informasi,  Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, telah memberikan informasi kepada Metro Indonesia sebagaimana diatur dalam undang undang nomor ; 14 tahun 2008 pasal 22.

Bukti Bayar Manual

Sesuai surat permohonan informasi publik https://metroindonesia.id  yang ditujukan kepada Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, Kantor Cabang BTN Kabupaten Banyuwangi dan Polres Banyuwangi terkait transaksi jual beli sembako program BPNT di warung ” Djaya”  redaksi metroindonesia.id telah menerima informasi publik dari Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi.

Sembako BPNT di Paketkan

Dalam surat nomor : 460/2634/429.109/2021 Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi Henik Setyorini membenarkan transaksi penjualan sembako di warung ” Djaya ” pada 8 Agustus lalu sudah dalam bentuk paket, yang seharusnya sesuai juklak juknis penyaluran sembako melalui e-warung tidak diperbolehkan.

Dalam transaksi Henik juga membenarkan Keluarga Penerima Manfaat tidak menerima bukti pembayaran yang sah, yang dikeluarkan oleh mesin Elektronik Data Capture (EDC)..

Informasi Dinas Sosial Banyuwangi

Selain tidak mendapatkan bukti pembayaran yang sah, Keluarga Penerima Manfaat juga tidak memiliki buku tabungan yang dikeluarkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN).

Baca juga :  https://metroindonesia.id/2021/09/19/pimpinan-redaksi-di-somasi-lawyer/

Dari informasi Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi diduga ada oknum yang telah memiliki /dapat mengakses ATM milik KPM untuk dilakukan auto debet tanpa sepengetahuan pemilik kartu.

Kepada kepala cabang Bank BTN Kabupaten Banyuwangi, dimohon segera memberikan informasi yang telah dimohonkan untuk menjelaskan atas nama siapa mesin EDC dipergunakan untuk melakukan auto debet ATM warga penerima BPNT. [] Red.

 

 

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI