Gandeng MarkPlus Institute, ITS Luncurkan Program Studi “MMT in TechnoMarketing, The Brand New MMT 1.5 Years with Internship Program”

Jakarta – MarkPlus Institute kembali menghadirkan Marketeers Goes To Campus Episode 24 bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Berbeda dari episode sebelumnya perhelatan ini berfokus pada peluncuran program MMT in TechnoMarketing, The Brand New MMT 1.5 Years with Internship Program, sebuah

program kolaborasi antara ITS dan MarkPlus Institute. Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M. Eng., Ph.D., CSCP selaku Dekan Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi ITS mengungkap “TechnoMarketing ini adalah salah satu bidang yang akan kami luncurkan untuk intake bulan Februari 2022 yang akan kita mulai

pendaftarannya di bulan November” ujarnya pada sesi talk show Marketeers Goes to Campus episode 24 melalui Zoom dan live pada channel YouTube Marketeers TV (18/9/2021).

Menjadi pionir program TechnoMarketing di Indonesia, Nyoman menilai inovasi ITS bersama MarkPlus Institute ini akan menjadi salah satu pilihan bagi kebutuhan pengembangan sumber daya manusia yang dibutuhkan saat ini. Baginya marketing tidak bisa dilepaskan dari teknologi dalam rangka memajukan kemanusiaan, sejalan dengan moto “Advancing Humanity”.

“Program ini akan berfokus untuk me-recruit fresh graduates dari berbagai bidang studi. Kami sangat open dengan mahasiswa S1 teknik yang ingin belajar marketing, ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa”, Ujar Nyoman.

Program ini dirancang untuk 3 semester, dilengkapi dengan program internship yang akan secara langsung dibimbing oleh Bapak Marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya.

Mewakili Khofifah Indar Parawansa, turut hadir Emil Elistianto Dardak sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur yang menyampaikan perpaduan ilmu marketing dan teknologi akan menciptakan pengembangan daya saing ekonomi Indonesia yang lebih kompetitif.

Emil menyampaikan, “perpaduan dari kedua ilmu ini akan menghasilkan teknologi yang semakin menarik, benar-benar applied science dan bagaimana teknologi ini bisa di utilisasi dan dikembangkan dalam kerangka practical, bagaimana kemudian pemahaman terhadap marketing akan men-drive teknologi”, Dukungnya.

Dalam diskusi kali ini, hadir pula Dr. Jacky Mussry selaku Dean & CEO MarkPlus Institute. Jacky mengungkap rasa syukurnya atas realisasi program ini dan menambahkan, baginya aspek marketing program ini akan dilihat dari segi kreativitas, inovasi, entrepreneurship, dan leadership.

“Panduan antara marketing dan teknologi di sini kita lihat marketing dari creativity, inovasi, entrepreneurship, dan leadership. Sementara teknologi bukan dari mesin atau robotik, tapi yang sifatnya humanity.”, Tambah Jacky.

Selain pembicara yang sebelumnya disebutkan, turut hadir pula Hermanto Tanoko selaku CEO Tancorp Abadi Nusantara, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M. Eng selaku Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA selaku Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur.

Menutup diskusi hari ini, Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Executive Chairman MarkPlus, Inc. mengulas silabus yang akan diaplikasikannya pada intake pertama MMT in TechnoMarketing, termasuk didalamnya terdapat 3 SKS untuk internship dari total 36 SKS

untuk 3 semester. Hermawan mengungkap untuk intake tahun ini akan disaring 80 peserta.

MARKPLUS INC

Kami dibangun untuk melayani dan didirikan untuk membangun. Sejak didirikan pada tahun 1990 oleh Hermawan Kartajaya, kami secara konsisten bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan individu di bidang yang paling kami kuasai: konsultasi, riset pemasaran, pendidikan, dan media dan komunitas.

Kami telah berkembang menjadi perusahaan konsultan pemasaran terkemuka di Asia Tenggara, setelah mendirikan diri sebagai penasihat yang kompeten pada strategi dan pemasaran untuk bisnis dan institusi di wilayah tersebut.

Dunia hari ini, di mana setiap orang lebih terhubung dan karenanya lebih terlibat, menawarkan peluang dan tantangan untuk semua bisnis, menyerukan pemasar untuk mengembangkan pendekatan cerdik untuk bertahan hidup dan berkembang.

MarkPlus, Inc. menjawab panggilan ini dengan memberikan implementasi konsep kami yang komprehensif dan disesuaikan, termasuk Pemasaran yang mengintegrasikan semua, yang sebelumnya konsep pemikiran terkemuka dari Legacy dan New Wave Marketing, menjadikannya kerangka kerja pemasaran yang paling komprehensif tersedia hingga saat ini.

MarkPlus, Inc. didukung oleh dua divisi bisnis. Lengan penelitiannya MarkPlus Insight berfokus pada pemasaran dan riset sosial untuk memberikan informasi yang andal dan wawasan pelanggan yang relevan. MarkPlus Institute adalah yang terdepan penyedia pelatihan dan pendidikan yang berfokus pada solusi pengembangan manusia kelas dunia melalui publik dan in-house program pelatihan serta eksekutif. (*).

 

 

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI