Banjir Bandang Merendam Dua Desa Di Kecamatan Sayan

Melawi, Kalbar – Banjir bandang melanda Desa Mekar Pelita, Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi. Setelah terjadi hujan lebat sebelumnya pada Sabtu, (11/9) malam yang menyebabkan Sungai Boli meluap.

Kepala Desa Mekar Pelita, Palaone Sukha mengatakan, sebelum terjadinya banjir bandang, hujan lebat terjadi pada malam hari. Pagi tadi, sekitar pukul 07.00 WIB, debit air meninggi dan merendam ratusan rumah di empat (4) dusun di Desa Mekar Pelita termasuk Kantor Desa.

“Dusun yang terdampak banjir bandang yaitu, Dusun Nanga Ipuh, Dusun Merojok, Dusun Nanga Apin, dan Dusun Meta Jaya. Bandang ini juga merendam puluhan rumah warga”. Kata Palaone saat dihubungi via pesan WhatsApp, Sabtu (11/9).

Palaone juga menghimbau kepada warga Desa Mekar Pelita agar tetap waspada dengan banjir bandang ini. Ia meminta kepada orang tua agar tidak lengah, terutama terhadap aktifitas anak-anak balita dalam situasi bandang ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya juga menghimbau kepada warga Desa agar selalu waspada, terutama terhadap aktifitas bermain anak dalam situasi saat ini untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan”. Imbaunya.

Lebih lanjut disampaikan, dengan banjir bandang yang melanda Desa Mekar Pelita, dan desa sekitarnya ada perhatian dari Pemerintah Daerah bagi warga yang terdampak banjir bandang.

Terpisah, Kapolsek Sayan, Iptu Sutadi melalui Bhabinkamtibmas Desa Mekar Pelita, Bripda F. Yoga menyampaikan, Desa yang terkena banjir bandang yaitu Desa Mekar Pelita, dan Desa Meta Bersatu. Bandang terjadi pada dataran rendah di wilayah Desa tersebut.

“Kami menghimbau kepada warga desa agar selalu waspada dengan situasi saat ini, karena cuaca tidak bisa dipastikan. Terutama terhadap aktifitas anak-anak agar selalu dalam pengawasan orang tua”. Imbaunya.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI