Pembangunan Menara Pemancar Di Desa Situsari Kab. Bogor, Dipertanyakan Warga

Bogor, Jawa Barat | Pembangunan Menara Pemancar Signal milik perusahaan provider Indosat di Kampung Karet Desa Situsari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor dipertanyakan warga sekitar.

Pasalnya, ada beberapa warga Desa Situsari yang rumahnya dekat dengan Tower pemancar menyangsikan tingkat keamanan dan dampak radiasi yang ditimbulkan akibat menara tersebut.

Salah seorang warga yang tidak ingin disebut namanya mengatakan “itukan ada sekitar 5 meter pak jarak dari menara ke dataran rendah perumahan kita, dan tebingnya tidak ada penahan tanah, kalau tanahnya longsor gimana?”

Saat di konfirmasi di kantornya pada (10/09) M. Dahlan Kepala Desa Situsari mengatakan “memang sih kalau izin dari saya sudah ada, tapi kalau izin dari kabupaten menyusul mas” kata Dahlan.

Begitu juga saat dikonfirmasi Sairun ketua RT. 02 RW. 02 Desa Situsari pada (10/09) melalui ponselnya, terkait pembangunan tower diwilayahnya, mengatakan “iya, iya pak itu sudah ada izinnya, Tanya aja sama pak kades” ucapnya

Menurut Perda Kabupaten Bogor No. 4 tahun 2011 tentang Pembangunan dan penggunaan bersama menara telekomunikasi Pasal 18 (a,7) ‘persetujuan dari warga sekitar dalam radius sesuai dengan ketinggian menara; dan’.

Terkait dengan pembangunan menara pemancar yang diduga belum ada izin, saat dikonfirmasi dan dimintai tanggapan F. Notoyudo Kepala Divisi Investigasi DPP LSM GARDA P3ER melalui ponselnya mengatakan “oh iya kami sudah terima informasinya”

Tambahnya “kami akan surati Pemkab Bogor terkait posisi bangunan Menara yang berpotensi longsor karena ada dataran rendah yang tidak ada turap, bilamana dugaan izin belum ada, kami akan laporkan dan meminta Pemkab Bogor untuk membongkar” tegas Notoyudo (Jel)

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI