Yessy Melania Serahkan Bantuan Alsintan dan UPPO Kepada 10 Kelompok Tani 

Sintang, Kalbar – Anggota Komisi IV DPR RI, Yessy Melania menyerahkan bantuan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) kepada 10 (sepuluh) Kelompok Tani (KT) binaan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Bantuan diserahkan langsung melalui Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Elsa Gultom, di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kamis (26/8).

Yessy Melania, melalui Tenaga Ahlinya, Rayla Kusrorong mengatakan, bantuan Alsintan dan UPPO tersebut merupakan aspirasi yang disampaikan kepadanya oleh beberapa kelompok tani binaan melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang pada Desember tahun 2020 lalu. Adapun bantuan tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR RI.

“Bantuan tersebut merupakan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani binaan. 5 kelompok tani yang menerima Bantuan Alsintan dan 5 kelompok tani yang menerima bantuan UPPO. Adapun kelompok Tani penerima bantuan berasal dari Kecamatan Dedai, Tempunak dan Sepauk”. Ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, bantuan Alsintan berupa traktor roda 4, traktor roda 2, Tosa, Cultivator (alat perontok padi dan jagung) dan pompa air kepada 5 kelompok tani. Selain penyerahan Alsintan, bantuan juga diberikan kepada 5 kelompok tani lainnya berupa UPPO. Semua bantuan diserahkan secara langsung melalui perwakilan ketua kelompok tani masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Elsa Gultom, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kelompok tani. Ia berharap dengan adanya bantuan ini petani semakin bersemangat dalam bekerja untuk menghasilkan produk pertanian yang baik dengan peralatan pengolahan lahan dan hasil pertanian yang sudah modern.

“Tentunya kita berharap dengan adanya bantuan ini, petani menjadi lebih semangat untuk menghasilkan produk pertanian yang baik. Terima kasih juga saya sampaikan kepada ibu Yessy Melania yang sudah mengakomodir usulan petani tahun ini. Semoga bantuan ini ke depan terus berkelanjutan untuk kesejahteraan kelompok-kelompok tani yang berada di Kabupaten Sintang”. Pungkasnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin/dk

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI