Distankan Melawi Jajaki Kerjasama Alih Teknologi Penyediaan Benih Ikan 

Melawi, Kalbar – Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi, Oslan Junaidi mengucapkan terima terima kasih atas akan segera dilaksanakannya kerjasama alih teknologi untuk penyediaan benih ikan lele dan nila di Kabupaten Melawi. Kerjasama ini dilakukan dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandi Angin, Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Melawi, Rabu (11/8).

 

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil penjajakan berapa waktu yang lalu. Kami ucapkan terima kasih kepada KKP melalui Dirjen Perikanan Budidaya serta kepala BPBAT Mandi Angin Kalsel yang telah bersedia akan melakukan alih teknologi pemijahan benih ikan di Kabupaten Melawi”. Ucap Oslan Junaidi, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (24/8).

 

Sementara itu, koordinator Kalbar dari BPBAT Mandi Angin, Juliansyah mengatakan, tiga bulan ke depan, diharapkan sudah terealisasi 500 sampai dengan 800 ribu benih ikan lele dan nila hasil produksi BBI dan UPR Kabupaten Melawi. Benih ikan sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan kelompok-kelompok tani perikanan (pokdakan) di Kabupaten Melawi dan beberapa Kabupaten terdekat.

 

“Untuk mencapai target tersebut KKP melalui BPBAT sudah menempatkan tenaga teknisnya di Kabupaten Melawi yang akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Melawi”. Pungkasnya

 

Dikatakan Juliansyah, Selain benih Ikan lele dan nila Kadistankan juga akan melakukan permintaan bantuan alih teknologi pemijahan ikan lokal seperti ikan baong, agar petani bisa membudidaya jenis ikan-ikan lokal yang harganya cukup menjanjikan di pasaran. Tutupnya.

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI