Tak Lama lagi, Desa Upit dan Entebah Bakal Nikmati Penerangan Listrik dan Jaringan Internet

Melawi, Kalbar – Habis gelap terbitlah terang, kiranya ungkapan inilah yang tepat untuk Desa Upit dan Desa Entebah di Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi. Pasalnya, Pemandangan tak lazim tampak di jalan poros Desa Upit (Dusun Upit dan Dusun Pekolai) hingga Desa Nanga Entebah.

Kini disepanjang jalan desa sudah berdiri tiang listrik lengkap dengan instalasi kabelnya. Dimana tidak lama lagi akan segera dilakukan pengerjaan instalasi ke rumah-rumah warga oleh PT Kandaruang Andela Sarana (PT. KAS).

“Masuknya listrik ke rumah-rumah diharapkan bisa mengubah wajah dan pola kehidupan bagi masyarakat disana nantinya. Sehingga masyarakat setempat bisa membuka berbagai unit usaha untuk mendukung perekonomian mereka sehari-hari”. Ujar Dirut PT KAS, Agustinus Sabino, Senin (23/8).

“Bukan hanya perekonomian, tetapi semua lini kehidupan di desa termasuk pendidikan. Di era globalisasi dan digitalisasi, semua proses belajar mengajar sudah bisa online, termasuk menambah referensi bagi guru dan murid di pedalaman. Selain itu, pelayanan kesehatan di desa bisa terbantu dengan adanya penerangan listrik”. Sambungnya.

Agus juga mengatakan ini merupakan komitmen PT. KAS untuk memerdekakan warga dari kegelapan dan kesunyian tidak lama lagi akan segera terwujudkan. Dimulai dari Desa Upit (Dusun Upit dan Pekolai) dan Desa Nanga Entebah, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi.

“Adapun energi listrik untuk kedua desa tersebut menggunakan energi pembangkit listrik tenaga hybrid. Perpaduan antara kincir angin dan panel surya. Selain itu, di gandeng dengan teknologi jaringan internet, sehingga masyarakat desa di pedalaman dapat mengakses informasi langsung lewat internet”. Ungkapnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin/Dk

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI