Bupati Melawi Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Melawi, Kalbar – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengajak seluruh generasi muda khususnya di Kabupaten Melawi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi saat menjadi pembicara pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi, Rabu (18/8).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Melawi sebagai narasumber menyampaikan materi terkait tentang pemahaman Pancasila sebagai Dasar Negara atau Ideologi Negara, Undang – Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bupati mengatakan Pancasila adalah dasar negara atau ideologi negara dimana hasil dari perjuangan para pendiri bangsa dan telah terbukti ketangguhannya melewati berbagai ujian bangsa. Menurutnya, sebagai anak bangsa, wajib mengimplementasikan Pancasila dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib menjadikan Pancasila sebagai pedoman kita dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bangsa kita yang terdiri dari berbagai suku dan agama mengharuskan kita memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika agar sikap toleransi, tenggang rasa, saling menghormati selalu tertanam di dalam diri kita, sehingga akan tercipta suasana yang aman, damai, serta harmonis dalam keberagaman”. Ungkapnya.

Bupati juga mengingatkan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa mungkin akan menghadapi berbagai ujian termasuk dalam kemajuan jaman serta teknologi, terutama dalam menghadapi era globalisasi. Menurutnya, Generasi muda sebagai penerus bangsa diharapkan dapat mengamalkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga mampu merespon kemajuan jaman dengan bijak dan adil serta menjadi pribadi yang profesional dan tangguh dengan sikap saling menghormati perbedaan antar sesama untuk selalu menjaga kerukunan bangsa Indonesia terutama di Kabupaten Melawi.

“Bangsa Indonesia saat ini kebhinnekaan dan kebersamaan kita sedang di uji dengan berbagai masalah seperti radikalisme, ektremisme, terorisme, intorleransi beragama dan ideologi. Kita sebagai rakyat Indonesia beruntung mempunyai Indonesia yang berbhinneka tunggal ika, Indonesia yang beragam tetapi tetap menjaga toleransi. Dan semua itu bisa tetap kita pertahanankan karena ketangguhan pancasila sebagai filosofi Negara. Oleh karena itu wajib kita sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu mengamalkan Pancasila”. Tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua STKIP Melawi, Septian Peterianus, mengatakan kegiatan PKKMB dilaksanakan untuk membentuk mahasiswa yang disiplin, berkarakter, dan cinta tanah air. Septian juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Melawi yang telah bersedia hadir untuk memberikan materi dan berdiskusi kepada para mahasiswa STKIP Melawi.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan para mahasiswa juga berperan aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Pada akhir acara, Bupati Melawi menyampaikan apresiasi atas keaktifan mahasiswa dan berpesan agar mahasiswa sebagai generasi penerus untuk selalu melakukan hal–hal positif dalam kehidupan sehari -hari dan perkuliahan supaya menjadi pribadi yang berkembang serta mengimprovisasi diri. (Red).

 

Sumber : Humas

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI