Lapangan Kerja Industri & Manufaktur Meningkat 62% pada Kuartal 2 Tahun 2021 Dibandingkan dengan Kuartal 1: Michael Page Indonesia

JAKARTA, INDONESIA – Media OutReach – 13 Agustus 2021 – Spesialis rekrutmen global Michael Page Indonesia mencermati adanya pertambahan jumlah lapangan pekerjaan pada kuartal 2 tahun 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 1 karena peningkatan di bidang Industri & Manufaktur sebesar 62%. Ini disusul dengan peningkatan dalam posisi pekerjaan di bidang Legal (hingga 56%) dan Personalia (hingga 24%). Menurut data lapangan pekerjaan yang disampaikan oleh Michael Page, ada pertumbuhan 5% secara keseluruhan pada kuartal 2 tahun 2021 jika dibandingkan dengan kuartal 1 tahun 2021.

Lapangan Kerja Industri & Manufaktur Meningkat 62% pada Kuartal 2 Tahun 2021 Dibandingkan dengan Kuartal 1: Michael Page Indonesia.

Berdasarkan beberapa pengamatan terkini, Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia & Filipina mengatakan, “Karena akhir-akhir ini ada peningkatan dalam permintaan dan harga untuk batu bara kokas, emas, dan nikel, ada peningkatan dalam aktivitas perekrutan dalam industri pertambangan. Hal ini akan menimbulkan efek pergerakan yang positif pada keseluruhan ekosistem pertambangan, dari mesin berat, muatan curah kering, pelayaran, ban, hingga kontraktor pertambangan.”

“Perusahaan manufaktur di Indonesia berinvestasi dalam ekspansi domestik, karena ada peningkatan biaya kegiatan ekspor akibat COVID-19. Kami juga mencermati pertumbuhan dalam bidang produksi atau manufaktur bahan makanan, kemasan fleksibel, dan logistik yang menimbulkan peningkatan permintaan untuk tenaga profesional dalam rekayasa industri, produksi serta peningkatan yang berkelanjutan,” lanjut Olly Riches.

Perekrutan tenaga kerja Legal mengalami peningkatan hampir dua kali lipat pada kuartal 2 tahun 2021, dan seperti yang disampaikan dalam laporan Michael Page Indonesia Talent Trends 2021, para tenaga profesional di bidang hukum ini bisa mendapatkan peningkatan remunerasi rata-rata sebesar 23% ketika pindah kerja tahun ini.

“Kami memperhatikan ada aktivitas perekrutan yang agresif untuk talenta legal berkaliber tinggi dalam perusahaan Teknologi ketika mereka mempersiapkan diri untuk IPO di Indonesia, kandidat level senior menengah dengan pengalaman di bidang pasar modal, merger & akuisisi dan kepatuhan sangat banyak dicari. Perusahaan juga mempekerjakan mitra bisnis legal untuk berkonsultasi dengan unit bisnis lainnya, untuk menciptakan lini produk baru atau melakukan restrukturisasi model bisnis,” komentar Olly Riches.

Dari hasil pengamatan kuartal 1 dan kuartal 2, ditemukan adanya peningkatan 24% dalam lapangan pekerjaan Personalia. Olly Riches mengamati, “Dampak pandemi terhadap kerja fleksibel, skema pelayanan kesehatan, atau perampingan dalam beberapa kasus telah meningkatkan tekanan pada fungsi Personalia. Seiring dengan upaya perusahaan untuk menangani beberapa tantangan baru ini, banyak usaha yang memerlukan tenaga profesional Personalia yang diperoleh dengan peningkatan keterampilan atau perekrutan karyawan baru.”

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI