Perusahaan Pembibitan Kelapa Sawit CV Belaban Mekar Telah Miliki Label Resmi

Melawi, Kalbar – Perusahaan pembibitan kelapa sawit CV Belaban Mekar milik pengusaha muda, Luca Infantri Alexander Adha kini telah memiliki label resmi. Pemberian sertifikasi label bibit kelapa sawit dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis (17/6) lalu.

Direktur utama CV Belaban Mekar, Luca Infantri Alexander Adha mengatakan labelisasi bibit ini merupakan standar yang diberikan dari dinas perkebunan Provinsi Kalimantan Barat agar sesuai standar perkebunan. Selain itu, labelisasi juga untuk memberikan kepastian bahwa bibit kelapa sawit memiliki kualitas hasil tandan buah segar yang baik.

“Labelisasi bibit kelapa sawit ini merupakan syarat bagi perusahaan penyedia bibit, agar kualitas buah yang dihasilkan lebih baik dan sesuai harapan para petani sawit. Perusahaan kami saat ini telah mendapatkan sertifikasi label sebagai penyedia bibit resmi di Kabupaten Melawi”. Ucapnya Direktur CV Belaban Mekar, Luca, Senin (2/8).

Dikatakan Luca, adapun lembaga yang melakukan sertifikasi adalah unit pengawasan dan sertifikasi benih perkebunan, dinas perkebunan dan peternakan provinsi Kalbar. Kriteria yang di nilai adalah fisik tanaman, jumlah pelepah serta umur tanaman.

“Kriteria yang dinilai adalah fisik tanaman, jumlah pelepah, serta umur tanaman harus sampai 10 bulan. Selain itu tanaman harus sehat bebas hama penyakit, jumlah pelepah harus sesuai standar tidak mengalami penyimpangan genetik, tidak kerdil. Penilaian pemberian label dilakukan per bibit tanaman. Kami juga siap melayani pesanan, baik perusahaan, koperasi maupun perorangan”. Tutupnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI