Terpantau Camera Wartawan, Bocah 5 Tahun Awasi Pekerjaan Proyek Bupati

  • Mengapa proyek program Samisade Bupati/Kasatgas Covid 19 tidak pakai protokol kesehatan dan keselamatan kerja.
  • Dimasa PPKM ada kegiatan Samisade program Bupati Bogor tanpa protokol kesehatan

Kab. Bogor, Jawa Barat | Proyek Pekerjaan Pembangunan Jalan Kp. Pangkalan Desa Tanjung Sari, Kec. Cijeruk Kab. Bogor memang luar biasa.

Proyek dengan anggaran Rp 340.000.000,- Program Bupati Bogor tampak memperlihatkan  Bocah Kecil yang sedang memperhatikan pekerjaan proyek yang diperkirakan sudah berumur 5 tahun, bahkan dilokasi tidak tampak adanya kelengkapan K3 yang dikenakan para pekerja.

UU No.3/1992, telah menjamin bahwa program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wajib dikuti oleh setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 10 orang atau lebih, atau membayar upah paling sedikit Rp 1 juta sebulan. Program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan merupakan haknya tenaga kerja.

Apabila terdapat perusahaan yang belum mengikuti Program BPJS, maka tenaga kerja dapat melaporkannya ke:

Pejabat Penyidik Polisi Negara Republik Indonesia

Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) tertentu di Departemen yang tugas dan tanggungjawabnya meliputi ketenagakerjaan/pegawai Pengawas Ketenagakerjaan pada Kantor Dinas Tenaga Kerja setempat.

Lalu menjadi pertanyaan publik siapa yang memperkerjakan pekerja proyek pembangunan jalan Kp. Pangkalan di Kec Cijeruk, Kabupaten Bogor apakah PT PPE atau Kepala Desa ?

dimana setiap pekerjaan proyek harus aman bagi warga sekitar serta Protokol Kesehatan dilokasi pekerjaan mengapa ada bocah yang diperkirakan usia 5 tahun ada dalam proyek pekerjaan ?

Proyek dengan anggaran Satu Milyar Satu Desa yang di Prakarsai oleh Bupati sangatlah hebat, ujar salah seorang warga di lokasi pekerjaan, ” Kami masyarakat desa tidak tau siapa penanggung jawab pekerjaan, apakah proyek ini dikenakan pajak, karena kami masyarakat desa taat membayar pajak, dan apa peran PT. Prayoga Penambangan Energi ” jelasnya

[] Red

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI