Volume 200 M x 1.5 M Rumus Baru Dalam Program Samisade

  • Sumber program satu miliar satu desa (Samisade)
  • Kwalitas pembangunan di raguka. Warga.

Kab. Bogor, Jawa Barat | Pekerjaan pembangunan jalan Kp. Pangkalan di lingkungan RT 017/006 Kec. Cijeruk Kabupaten Bogor senilai Rp Rp 340.000.000,-dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Pemerintah Desa Tanjungsari.

Pekerjaan yang mencangkup volume perkerasan 600 x 2,5 mendapat kritik dari warga yang di sampaikan kepada metroindonesia.id menyampaikan ” pa setahu saya kata Volume atau bisa juga disebut kapasitas adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Jadi perkerasan yg di maksud kenapa panjang kali lebar kan = Luas bukan Volume dan klo perkerasan yang di hitung kepadatan tanah ”

Tidak tampak alat berat untuk pengerasan tanah

“Spesifikasinya betonisasi 282 M x 2,5 x 0.12 M meter tidak menjelaskan mutu beton yang akan digunakan apakah K300 atau K350 atau hanya adukan molen manual.”.

“Untuk TPT (Tembok Penahan Tanah) volume 200 x 1,5 meter juga telah mengelabui masyakarat Desa, klo UK 200 M adalah Panjang pekerjaan, UK 1.5 M adalah tinggi tembok penahan, untuk tebal tembok bisa suka suka yg kerjakan ” ujarnya tanpa mau menyebutkan namanya.

Menurut Sopian ketua LPM yang merangkap menjadi TPK Desa Tanjung Sari Kecamatan Cijeruk mengatakan ” pihaknya sudah melakukan pengerjaan sesuai dengan intruksi yang di berikan oleh pihak PT Prayoga Pertambangan Energi sebagai pihak perusahaan yang di tunjuk langsung oleh pemerintah daerah Kab. Bogor.

Lanjut Sopian mengatakan pengerjaan di mulai sejak hari Senin dan sudah berjalan 30 persen,untuk anggaran pengerasan dan TPT ini baru di kucurkan 40 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 340.000.000,- selain itu Sopian mengatakan untuk tukang di gaji 120 ribu rupiah perhari dan kenek 100 ribu rupiah perharinya.sejauh ini tidak terlihat pihak PT PPE di lokasi proyek untuk melakukan pengawasan.[] Red

 

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI