Instruksi DPD Partai Gerindra Sumbar Tiadakan Kunker Wakil Rakyat Se Sumbar ditengah PPKM, ” Mandul” ?

  • Tiga Wakil Rakyat DPRD Payakumbu Tetap Kunker ke Riau

 

Payakumbuh, Sumbar – Sepertinya Instruksi DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat terkait meniadakan kegiatan kunjungan kerja selama  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan Pemerintah Pusat.

Pasalnya, dari bocoran yang diperoleh media, Surat Instruksi DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat, Nomor: 07-023/DPD-GERINDRA/SUMBAR/2021 yang ditandatangani Ketua, Andre Rosiadi dan Sekretaris, Elvi Yandri Rajo Budiman, tertanggal,13 Juli 2021 dengan ditujukan kepada Anggota Fraksi Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat dan Anggota Fraksi Partai Gerindra Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat tidak terkesan tidak diindahkan oleh beberapa anggota DPRD Partai Gerindra.

Adapun isi surat instruksi tersebut Pertama, meniadakan kegiatan kunjungan kerja selama adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan Pemerintah Pusat. Kedua, berada di Daerah Pemilihan masing-masing untuk memantau situasi dan kondisi terkait perkembangan Covid-19 dan berperan aktif dalam pencegahan penularan Covid-19.

kok

“Agaknya di DPD Partai Gerindra Kota Payakumbuh tidak mengindahkan Instruksi diatas. Pasalnya, sehubungan data-data yang didapati media, tiga orang dari Fraksi Gerindra, yakni Wulan Denura, Mawi Etek Harianto, dan Afrizal M, pada agenda DPRD Kota Payakumbuh, Badan Anggaran dan Bapemperda, 12 hingga 17 Juli 2021 kemaren disebutkan tetap mengikuti kunjungan kerja ke Kampar dan Dumai”. Ucap narasumber yang enggan disebutkan namanya.

Berdasarkan informasi dari sumber yang sama, bahwa perjalanan dinas tim Banggar dan Bapemperda tersebut berangkat pada Rabu subuh, 14 Juli dan Kamis malam, 15 Juli 2021 disebutkan rombongan telah kembali.

Hal tersebut tentunya baik Afrizal Masni, Wulan Denura serta Mawi Etek Harianto dituduhkan telah “Kangkangi” instruksi DPD Partai Gerindra Provinsi Sumbar.

Menjawab rumor tak sedap dari konstituen Gerindra dan hak publik, Ketua DPD Gerindra Payakumbuh, H.Nurkholis Dt. Bijo yang berhasil diminta tanggapannya melalui Whatsapp membenarkan ada surat instruksi dari DPD Partai Gerindra provinsi Sumbar.

“Benar, ada instruksi dari DPD GERINDRA Sumbar untuk tidak melakukan perjalanan dinas selama PPKM.(Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat darurat pada 12-20 Juli 2021. Terkait ada 3 orang anggota fraksi DPRD Gerindra Kota Payakumbuh yang melakukan perjalanan dinas ke Riau kami juga dapat informasi demikian. Dan kami memang telah konfirmasi ke Ketua fraksi Gerindra Aprizal Masni, tentang perihal itu dan membenarkan”. Ulas Nurkholis. Senin (19/7).

Hasil konfirmasi, Nurkholis menjelaskan yang bersangkutan menyatakan mereka menerima surat Instruksi dari DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa, 13 Juli 2021, sedangkan mereka berangkat pada Senin, 12 Juli 2021. Jadi mereka baru tahu instruksi tersebut telah berada di daerah Riau. Setelah mereka tahu instruksi tersebut yang semula jadwalnya sampai tgl 17 Juli 2021 mereka batalkan dan di percepat pulangnya pada Kamis tgl 15 Juli 2021.

Dipaparkan H.Nurkholis, dirinya selaku Ketua DPC Gerindra Kota Payakumbuh, telah meminta fraksi DPRD Gerindra Kota Payakumbuh untuk membuat laporan tertulis perihal tersebut.

Anehnya, dilain pihak adanya tudingan terhadap 3 wakil rakyat dari Fraksi Gerindra DPRD Kota Payakumbuh, baik Afrizal Masni, Mawi Etek Harianto serta Wulan Denura, yang telah dimintakan tanggapannya seperti juga ditanyakan ke H.Nurkholis Dt. Bijo, hingga berita ini update tidak bergeming berikan tanggapan seputar pertanyaan beberapa konstituen partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Kendati, tiga orang wakil rakyat dari Fraksi Gerindra di DPRD Kota Payakumbuh, dimintakan tanggapan seputar Intruksi DPD Gerindra Provinsi Sumatera Barat, tidak bergeming, namun ketika dipancing di ponsel via WhatsApp ” Salam Hormat”, serentak menangapi dengan stikers jempol belaka.

Dilain pihak, wartawan juga berusaha mintakan tanggapan baik Ketua DPD Partai Gerindra, Andre Rosiade dan Sekretaris, Evi Yandri Rajo Budiman, melalui ponsel via WhatsAppnya, terlihat ponselnya sedang off. (RD).

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI