Tapal Batas Gunung Ijen Antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso

  • Perjanjian batas wilayah menjadi persoalan baru tapi lama.

Banyuwangi, Jawa Timur |  Penandatangan surat perjajian antara pemerintah Kabupaten Bondowoso dan pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengenai pembagian batas batas gunung ijen dinilai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Politeknik Negeri Banyuwangi Bagus Alfiyan Satoso sebagai tindakan gegabah yang dilakukan oleh Bupati Banyuwangi.

Hal tersebut disampaikan Bagus kepada awak media dengan berbagai alasan dari segi geografis wilayah Kabupaten yang menguntungkan masyarakat Banyuwangi di sektor destinasi wisata.

Gunung Ijen sudah menjadi ikon kabupaten Banyuwangi yang terkenal sampai ke mancanegara, karena  gunung ijen memiliki kawah yang memancarkan sinar biru sehingga terlihat begitu indah, berbeda dengan gunung gunung yang lainya,

Dalam hal ini pemerintah kabupaten Banyuwangi harus bisa mengusahakan dan mempertahankan hak paten baik secara pengakuan administrasi maupun asumsi publik tentang pengelolaan gunung Ijen, biar tidak kembali muncul permasalahan yang sama.

Persolan  status wilayah Gunung Ijen pun sejak tahun 2007 sudah pernah terjadi dan diperbincangkan,

Selain destinasi wisata lama, gunung Ijen juga memiliki hasil tambang belerang yang tidak di miliki oleh gunung gunung lainnya.

julukan “Triangle Of Diamond” yang mana salah satunya adalah kawah Ijen.dalam peta secara geografis membentuk segi tiga ketika ditarik lurus bersama antara dua wisata lainnya yakni Plengkung dan Sukamade, jelasnya.

Hal tersebut juga tercantum pada makna logo dari Kabupaten Banyuwangi dalam logo setiap makna tentunya tidak ada yang kebetulan, Baru baru ini juga muncul tanggapan dari pemerintah yang menyebutkan “Masyarakat Banyuwangi Sudahlah Jangan Buang-Buang Tenaga”. Ini bukan merupakan buang buang tenaga kami yang sia sia, karena kami meyakini dan merasa bahwa Ijen adalah potensi Banyuwangi. [] Abadi/tim

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI