Dirgahayu Bhayangkara Ke-75, Polres Melawi Minta Perkuat Empat Pilar Dalam Penanganan Covid-19

Melawi, Kalbar – Dirgahayu Bhayangkara Ke-75, Polres Melawi melaksanakan acara syukuran. Kegiatan syukuran dilaksanakan di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Kamis (1/7). Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Melawi, Kejaksaan Negeri Sintang, Pejabat Utama Polres Melawi dan Polsek Jajaran serta Tokoh masyarakat lainnya.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. R. Sigid Tri Hardjianto, melalui AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari Bhayangkara ke-75 merupakan peringatan tahun kedua di masa pandemi Covid-19. mengingat pentingnya makna kegiatan ini, protokol kesehatan tetap dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Peringatan hari Bhayangkara terkait erat dengan sejarah terbitnya peraturan presiden nomor 11 tahun 1946. Dimana sebelumnya jawatan Polri berada di bawah kementerian dalam negeri, ditetapkan tersendiri sebagai jawatan yang langsung berada di bawah presiden”. Ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut menjadi momentum meleburnya kesatuan kepolisian dalam institusi Kepolisian secara Nasional. Menyikapi situasi pencegahan Covid-19, bahwa pemerintah telah mendorong pemerintah daerah untuk memperkuat implementasi fungsi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro guna menurunkan laju pertumbuhan angka Covid-19.

“Penguatan empat pilar di masyarakat dibutuhkan untuk penguatan pelaksanaan PPKM mikro. Penguatan empat pilar yaitu Kepala Desa, Kecamatan, Kepala Puskesmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Empat pilar ini memiliki fungsi yang kuat untuk pencegahan, penanganan, pembinaan dan dukungan terhadap pelaksanaan PPKM mikro”. Pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengucapkan selamat hari Bhayangkara Ke-75 kepada seluruh personil dan keluarga besar Polri terutama yang berada di Kabupaten Melawi. Dadi juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya dalam membantu kegiatan pemerintah daerah Kabupaten Melawi.

“Semoga kerja keras personil polri dan dedikasi yang tulus ikhlas menjadi nilai ibadah. Kami menyadari pentingnya peran dan fungsi Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Kami sangat mendukung program dan terobosan-terobosan Polri yang berorientasi pada terwujudnya pranata sosial yang kondusif”. Ucap H. Dadi.

Disampaikan Dadi, pada saat ini kita masih di tengah pandemi Covid-19. Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Melawi untuk tetap disiplin menerapkan Prokes Covid-19.

“Covid-19 bukanlah ilusi dan halusinasi, tetapi merupakan virus yang berbahaya dan mematikan. Terapkan pola hidup sehat, masyarakat yang belum di vaksin segera mendaftarkan diri untuk di vaksin untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. Imbuhnya.

Acara syukuran hari Bhayangkara Ke-75 dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan pemberian piagam penghargaan kepada personil Polres Melawi dan Tokoh masyarakat serta pemuda yang dianggap telah berjasa dalam membantu kinerja Polres Melawi. Kegiatan syukuran dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19.

 

Penulis : Ade Shalahudin