Dedi Sosok Peternak Sapi dan Kambing Yang Ulet

Kota Bogor, Jabar – Dedi, peternak sapi dan kambing, warga Kampung Ciranjang, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini telah lama menggeluti usahanya sebagai penyedia hewan kurban.

Tidak heran, menjelang Idul Adha1442, sangat sibuk melayani pesanan para konsumen dari berbagai daerah yang datang membeli sapi dan kambing miliknya. Menurut Dedi, sebagai peternak banyak liku-liku yang saya harus dilaluinya. Bermula dengan memiliki seekor kambing, ia menggeluti usahanya hingga saat ini. Dengan tekad yang kuat usaha pun berkembang dan berhasil.

“Selama 18 tahun saya geluti dunia usaha peternakan. Awalnya saya punya satu ekor kambing dan tempat juga saya ngontrak. Dengan semangat dan kemauan yang kuat, akhirnya membuahkan hasil seperti saat ini”. Kisah Dedi, kepada metroinonesia.id, Selasa (29/6).

Lebih jauh, Dedi menuturkan, untuk mengeluti ternak sapi dan kambing ini tidak mudah. Namun, hal itu sudah ia lalui dan dirinya bersyukur kepada Tuhan dengan kondisinya sekarang ini.

“Masalah harga sapi dan kambing, saya jual di bawah standar pedagang. konsumen yang pesan kambing atau sapi dengan caranya bayar uang muka dulu baru saya layani. Perawatan saya jamin tanpa ada uang rawat”. Ujarnya.

Disampaikan Dedi, untuk penjualan ia dibantu adiknya sebagai marketing yang sudah 10 tahun bergabung dengannya. Sekali lagi, Ia juga membenarkan bahwa harga sapi dan kambing yang dijualnya lebih murah dibandingkan dengan pedagang lainnya.

 

Penulis : Iwan Santahak