Air Sungai Meluap, Sejumlah Rumah Warga Terendam Banjir

Melawi, Kalbar – Tingginya intensitas curah hujan membuat Sungai Sayan dan Sungai Pinoh meluap. Akibatnya sejumlah rumah warga terendam air wilayah Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Jumat (18/6).

Hujan mulai mengguyur Kecamatan Sayan pukul 05.00 WIB dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Melawi, khususnya di Kecamatan Sayan, Kecamatan Tanah Pinoh, Kecamatan Tanah Pinoh Barat dan Kecamatan Sokan. Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air sungai meluap terutama di Kecamatan Sayan beberapa rumah warga terendam air.

Pelaksana harian (Plh) Kapolsek Sayan IPDA Nopiyar Yunus menyampaikan, luapan air sungai Pinoh dan sungai Sayan membanjiri sebagian wilayah dataran rendah di Dusun Mempahung Desa Lingkar Indah dan Dusun Tanjung Pinoh Desa Nanga Sayan Kecamatan Sayan.

“Debit Air Sungai Sayan dan Sungai Pinoh mulai meninggi dan masuk ke rumah warga Dusun Mempahung Desa lingkar indah dan Dusun Tanjung Pinoh Desa Nanga Sayan. Terdapat sekitar 10 unit rumah warga di Dusun Mempahung Desa Lingkar indah. Sekitar 25 unit rumah warga di Dusun Tanjung Pinoh, Desa Nanga Sayan. Ketinggian air serata dengan mata kaki orang Dewasa, sedangkan di jalan atau di luar rumah ketinggian air berada di atas mata kaki atau sudah mencapai betis hingga pinggang orang dewasa”. Jelasnya.

Sementara itu, Paur Humas Polres Melawi BRIPKA Arbain menyampaikan hasil pendataan yang dilakukan oleh polsek Sayan diketahui belum ada Kerugian Materil maupun Korban Jiwa pada kejadian banjir yang melanda sebagian wilayah Dusun Mempahung Desa Lingkar dan Dusun Tanjung Pinoh Desa Nanga Sayan kecamatan sayan tersebut.

“Tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil pada kejadian banjir tersebut. hingga kini Sungai Pinohinoh yang membanjiri sebagian wilayah Desa Lingkar Indah dan Desa Nanga Sayan masih bertahan dan belum berangsur surut. Di prediksi potensi terjadinya banjir kembali sangat besar dikarenakan cuaca hujan dengan intensitas tinggi dapat terjadi sewaktu waktu”. Pungkasnya.

Ia juga menghimbau untuk warga yang tinggal di wilayah bantaran Sungai Pinoh dan Sungai Sayan agar selalu siaga untuk mengantisipasi dan menyikapi cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi yang terjadi akhir-akhir ini. Diharapkan warga untuk menjaga anak-anaknya agar tidak menjadi korban banjir dan jauhi barang atau alat-alat yang bermuatan listrik.

“Kami juga berharap Polsek Sayan bersama-sama pemerintah setempat melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam menyikapi situasi banjir yang terjadi di Kecamatan Sayan saat ini sehingga apabila terjadi Hujan dengan intensitas tinggi serta banjir susulan yang lebih besar maka pihak Pemerintah dapat dengan segera melakukan evakuasi terhadap warga yang membutuhkan pertolongan”. Tutupnya. (Red).

 

Sumber : Humas