Sebanyak 19 Orang Calon Anggota BPD Desa Baru ikuti Tes Wawancara

Kab. Melawi, Kalbar – Seleksi pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Baru periode 2021-2026 memasuki tahap tes wawancara. Sebanyak 19 orang secara administratif dinyatakan lolos oleh panitia pemilihan. Tes wawancara dilakukan di Kantor Desa Baru, Sabtu (12/6).

Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD, Ade Gusman Nasir menyampaikan, sebelumnya, pendaftaran di buka pada tanggal 2 hingga 4 Juni 2021 lalu. Sebanyak 19 orang secara administratif dinyatakan lolos seleksi. Selanjutnya, 19 orang tersebut mengikuti tahapan interview atau tes wawancara oleh panitia.

“Ada tiga tahapan seleksi bagi calon anggota BPD, yaitu seleksi administrasi, wawancara dan tes tertulis. Setelah calon anggota BPD dinyatakan lolos administrasi, tahap selanjutnya kita lakukan tes wawancara. Usai tes wawancara, peserta akan mengikuti tes akhir yaitu tes tertulis di Kecamatan”. Jelasnya.

Ade Gusman juga mengatakan tes wawancara ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman calon anggota BPD mengenai tugas dan fungsinya. adapun dari 19 Calon anggota BPD akan dijaring menjadi 9 orang melalui tes tertulis untuk masa bakti 2021-2026. Ia juga berharap BPD yang terpilih nantinya memiliki kualitas pemahaman yang baik tentang desa. Sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah desa dalam pembangunan.

Ditempat yang sama, M. Ala salah satu calon anggota BPD mengatakan proses yang dilakukan oleh panitia sudah benar dan sesuai peraturan yang berlaku. Ia juga mengatakan jika lolos sebagai anggota BPD dirinya siap bekerjasama dengan pemerintah desa untuk kemajuan desanya.

“Jika saya lolos sebagai anggota BPD saya siap bekerjasama untuk membangun Desa Baru bersama pemerintah Desa. Jika tidak lolos saya tidak berkecil hati, karena proses yang dilakukan oleh panitia sudah sangat transparan dan terbuka”. Pungkasnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin