Reses Anggota DPRD Provinsi Kalbar : Ritaudin Sambangi Desa Baru

  • Reses : Ritaudin Imbau Masyarakat Dispilin Prokes Covid-19

Kab. Melawi, Kalbar – Pemerintah Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi menerima kunjungan reses Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Ritaudin dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Daerah Pemilihan Kalbar 7 (Sintang, Melawi, Kapuas Hulu) di Balai Pertemuan Desa Baru Senin,(7/6).

Kepala Desa Baru Eet Roskayudi Aroy dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ritaudin yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Barat beserta rombongan. Acara reses tersebut juga dihadiri oleh Camat Nanga Pinoh, Sonten dan Tokoh Masyarakat Desa Baru.

“Kehadiran bapak Ritaudin pada reses kali ini sangat diharapkan, terutama oleh warga Desa Baru. Dengan kehadiran beliau, semoga dapat menghimpun aspirasi dari masyarakat khususnya warga Desa Baru dalam pembangunan ke depan”. Ucap Kades Eet sapaan akrabnya.

Dikatakan Eet, ia juga berharap dengan hadirnya Anggota DPRD Provinsi bisa secara langsung melihat, memperhatikan, dan mendengarkan aspirasi masyarakat agar bisa di perjuangkan untuk pembangunan di desa. Terkait Covid-19, Eet juga meminta kepada perangkat desa hingga RT agar selalu bisa untuk menghimbau ke masyarakat terkait Covid-19.

“Akhir Maret untuk Desa Baru belum ada yang terpapar Covid-19 kembali. Mudah-mudahan ini bisa terus berlangsung dan virus Corona bisa hilang. Peran aktif perangkat desa dan RT dalam memberikan himbauan kepada masyarakat sangat diperlukan”. Pintanya.

Pada kesempatan yang sama Camat Nanga Pinoh, Sonten juga menyampaikan, kehadiran Ritaudin memberikan angin segar bagi pembangunan di Kabupaten Melawi, khususnya di Desa Baru.

“Pembangunan harus bersinergi dengan desa dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa, sehingga bisa terarah”. Pungkasnya.

Sementara itu, Ritaudin yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalbar, didampingi Fungsionaris DPD Partai PAN Kabupaten Melawi menyampaikan, bahwa

Reses ini adalah Reses yang kedua di tahun 2021. Reses ini merupakan kegiatan yang diwajibkan oleh Undang-Undang bagi anggota DPRD di luar masa sidang dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi masyarakat secara langsung.

“Ini merupakan Reses yang kedua masa sidang Tahun 2021 untuk menghimpun dan menyerap aspirasi masyarakat. Selain itu, untuk melihat apa yang menjadi keinginan masyarakat dalam pembangunan secara langsung”. Ujar Ritaudin yang akrab disapa Dede ini.

Berkaitan dengan masalah pembangunan, Ritaudin juga mengatakan, Program pembangunan usulan datangnya dari masyarakat. Melalui mekanisme Musrenbang di tingkat desa dan yang paling penting masuk dalam RPJM Desa dan E Planning. DPRD Provinsi hanya menyiapkan anggaran, namun teknis pelaksanaan tetap di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten.

“Selama reses sudah 10 desa yang saya kunjungi, yakni Desa Paal, Kenual, Sidomulyo, Kelakik, Tanjung Lay, Baru di Kecamatan Nanga Pinoh. Untuk Kecamatan Tanah Pinoh yakni Desa Pelita Jaya dan Tanjung Beringin. Sedangkan untuk Kecamatan Tanah Pinoh Barat yakni Desa Bukit Raya dan Pelita Jaya. Semua usulan masyarakat akan ditampung dan jika memungkinkan untuk diusulkan dalam anggaran perubahan APBD Provinsi”. Ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan Ritaudin terkait APBD Provinsi Kalbar tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 6,68 Triliun lebih, dengan belanja sebanyak Rp. 7 triliun lebih, artinya APBD Provinsi mengalami defisit sekitar Rp. 335 miliar lebih.

Disamping menyerap aspirasi masyarakat, kegiatan reses ini merupakan salah satu tujuan Ritaudin untuk melihat langsung Kabupaten Melawi sebagai zona merah penularan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari penularan virus Covid-19. Jangan kendor untuk menerapkan disiplin Prokes Covid-19”. Imbau Ritaudin, Wakil Ketua Komisi III yang membidangi Keuangan, Perbankan dan PAD ini.

Usai acara, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan pemberikan bantuan kepada rumah ibadah (Masjid dan surau) yang ada di Desa Baru.

 

Penulis : Ade Shalahudin