DPMD Kabupaten Melawi Usulkan 15 Calon Desa Mandiri Tahun 2022

Kab. Melawi, Kalbar – untuk menindaklanjut surat Gubernur Kalimantan Barat nomor : 410/0856/DPMD-C tertanggal 9 Maret 2021 mengenai permintaan usulan Calon Desa Mandiri.

Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengusulkan 15 Calon Desa Calon Mandiri kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin mengatakan, menyikapi permintaan tersebut pemerintah Kabupaten Melawi telah menyampaikan surat usulan kepada Pemerintah Provinsi Kalbar dengan nomor : 410/457/DPMD/2021 tertanggal 3 Juni 2021. Dalam surat tersebut disampaikan sebanyak 15 Calon Desa Mandiri yang diusulkan yang tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Melawi.

“Adapun Calon Desa Mandiri yang kita usulkan sebanyak 15 Desa yang tersebar di 8 Kecamatan antara lain, Desa Muara Tanjung (Sokan), Desa Nanga Sayan, Mekar Pelita, (Sayan) , Desa Batu Badak (Menukung), Desa Junjung Permai (Belimbing Hulu), Desa Pelempai Jaya, Domet Permai, Nanga Nuak (Ella Hilir), Desa Batu Ampar (Belimbing), Desa Bayur Raya (Pinoh Selatan) dan Desa Tanjung Tengang, Kenual, Poring, Kelakik dan Desa Nanga Kebebu (Nanga Pinoh)”. Jelas H. Hasanuddin, saat dihubungi via pesan singkat WhatsApp, Senin (7/6).

H. Hasanuddin Juga mengatakan bahwa ke 15 Calon Desa Mandiri yang diusulkan telah disampaikan kepada Pemerintah Desa tersebut dan sudah disepakati bersama instansi terkait dan 11 Kecamatan yang ada. Ia berharap, dengan diusulkan menjadi Desa Mandiri, dapat memotivasi Pemerintah Desa agar dapat bekerja maksimal untuk kesejahteraan masyarakat desa.

 

“15 Desa yang diusulkan adalah kesepakatan dalam rapat dengan Dinas terkait dan dihadiri 11 Camat langsung, karena tahun lalu 15 Desa sudah ditetapkan sebagai Desa Mandiri. Saya berharap ke 15 Desa tersebut dapat disetujui oleh Gubernur, sekaligus sebagai motivasi bagi desa dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Salah satu kemudahan Desa Mandiri adalah ke depan, proses pencairan transfer Dana Desa hanya 2 kaki, yakni 60 persen tahap 1 dan 40 persen tahap 2”. Ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada 15 Desa yang diusulkan, jika sudah ditetapkan sebagai Desa Mandiri, hendaklah meningkatkan kualitas kerja untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk desa-desa yang belum diusulkan agar cepat berproses, terutama nilai Indeks Desa Membangun (IDM) Desa di atas rata-rata.

Penulis : Ade Shalahudin