Kunjungan Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Trenggono di Kab. Lima Puluh Kota

  • Budidaya kearifan lokal dengan mengembang biakan ikan Gurame  Bima.
  • Hasil Riset BRPI

Limapuluh Kota, Sumbar – Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin hari ini, Kamis, 3 Juni menerima kunjungan Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Armendo salah seorang warga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Ke lokasi pembudidayaan ikan miliknya miliknya.

Dalam pertemuan antara Menteri dan Bupati Limapuluh Kota dalam rapatnya menyampaikan beberapa pokok potensial  pengembangan perikanan air tawar sebagai bidang usaha kearifan lokal untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Trenggono menyarankan Bupati untuk melakukan budidaya ikan gurame Bima yang merupakan hasil riset Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI), dengan persilangan sejumlah ikan gurami lokal, Jambi dan Majalengka oleh Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI),

Sesuai namanya bima, yang bermakna hebat atau dahsyat, ikan ini berdasarkan uji lapangan terbukti lebih unggul dari ikan gurami lokal lainnya dalam sejumlah hal.

selain ikan gurame Bima, menteri KKP juga meminta Bupati untuk meningkatkan ikan lokal lainnya yang memiliki nilai jual tinggi seperti ikan Gariang (Tor duorenensis) dapat dikembang biakkan dan dibuat percontohan bagi masyarakat.

Pada akhir pertemuan menteri meminta “saya minta Pemda untuk sisihkan 5 sampai 10% anggaran untuk budidaya ikan Gurami Bima ini,” tegas Menteri Trenggono.[] Tim