Desa Tanjung Sari Salurkan BLT DD, Tahap I Periode Januari, Taufik Minta Warga Lebih Disiplin Terapkan Prokes

Kab. Melawi, Kalbar – Pemerintahan Desa Tanjung Sari, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 48 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyerahan dilaksanakan dengan mendatangi rumah-rumah KPM Kamis, (3/6). Kegiatan dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD dan anggota BPD serta Pendamping Lokal Desa.

Usai pembagian BLT DD, Kepala Desa Tanjung Sari, M. Taufik mengatakan, pembagian BLT DD ini merupakan pembagian tahap 1 untuk periode akhir bulan Januari 2021. Masing-masing KPM mendapatkan sebesar Rp. 300.000 perbulannya.

“Untuk pembayaran BLT Tahap I baru dibayarkan periode Januari 2021. Ada keterlambatan kami dalam menyusun RKPdes dan APBDes Tahun Anggran 2021, namun kini sudah bisa terealisasi. Mudah-mudahan tahun berikutnya tidak ada lagi keterlambatan”. Jelasnya.

Ditambahkan Taufik, untuk penyaluran BLT DD Tahap I periode Februari sampai dengan Mei akan dilaksanakan pada Jumat (4/6). Hal tersebut sesuai arahan DPMD Kabuapten. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga atas keterlambatan tersebut.

Selain itu, Taufik juga menghimbau kepada masyarakat desa Tanjung Sari agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Hal tersebut mengingat Kabupaten Melawi telah dinyatakan zona merah penyebaran Covid-19.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir, saya mengajak kepada warga desa Tanjung Sari agar tetap menjalankan Prokes Covid-19. Apalagi surat edaran Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi tentang Pembatasan Kegiatan Sosial Ekonomi Kemasyarakatan sudah diberlakukan”. Imbaunya..

Sementara itu, Ketua BPD, Sarminah mengatakan, dengan penyaluran BLT DD kepada 48 KPM semoga dapat meringankan beban di masa pandemi Covid-19. Ia berharap ke depan pemerintah Desa Tanjung Sari bisa lebih transparan dalam pengelolaan keuangan desa sehingga tercipta sinergitas antara Pemerintah Desa dan BPD sebagai wakil masyarakat Desa.

“Saat ini cukup baik koordinasi antara BPD dan Pemerintah Desa. Semoga sinergitas ini bisa menjadi modal bagi Desa Tanjung Sari untuk lebih baik lagi. Saat ini desa Tanjung Sari menyandang Desa Mandiri, tentu sinergitas harus ditingkatkan untuk kemajuan desa. Dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat jangan kendor terapkan Prokes dengan 5M”. Ujarnya. (Red).