Palaon Sukha: SDGs Merupakan Kunci Pembangunan Desa

Kab. Melawi, Kalbar – Sustainable Development Goals atau populer oleh desa dengan sebutan SDGs merupakan sebuah sistem yang ditawarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Desa untuk melaksanakan kegiatan pemutakhiran Data SDGs kepada seluruh desa yang ada di Indonesia.

“SDGs merupakan sebuah sistem pembangunan berkelanjutan yang dimulai dan harus dilakukan oleh desa. Salah satu desa yang terlibat aktif dan menyelesaikan pendataan SDGs ini secara tepat waktu adalah Desa Mekar Pelita”. Ucap Palaone Sukha, Kepala Desa Mekar Pelita yang juga pernah menjadi Pendamping Lokal Desa.

Palone mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu bentuk dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat, apalagi SDGs ini merupakan sebuah program yang sangat bermanfaat kedepannya yang dirasakan langsung oleh masyarakat dampaknya. SDGs ini merupakan kunci pembangunan desa kedepan.

Sementara itu, Ketua Tim Kelompok Kerja SDGs, Bambang mengatakan, bahwa pendataan ini dimulai pada bulan April lalu yang dilakukan mulai dari data Kuesioner manual Desa, RT, KK, dan Individu.

“Alhamdulilah upload data pada aplikasi SDGs dan website kita bisa menyelesaikannya tepat waktu dan tidak ada kendala yang berarti dalam penyelesaian data SDGs ini”, ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang sudah bisa bekerjasama dengan baik, Tim Pokja SDGs Desa Mekar Pelita, Kepala Desa, BPD, Masyarakat Desa Mekar Pelita, PLD, dan PDP Kecamatan Sayan,

“Kami sampaikan terima kasih tidak terhingga dan semoga apa yang kita lakukan ini memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat kita kedepannya khususnya masyarakat Desa Mekar Pelita”. Tutupnya.

 

Penulis : Ahirul Habib Padilah