Respon Cepat PDAM Terkait Keluhan Warga Patut Diapresiasi

Kota Payakumbuh, Sumbar – Langkah cepat PDAM Tirta Sago Payakumbuh diapresiasi Wakil Ketua DPRD kota Payakumbuh Wulan Denura. Pasalnya keluhan warga karena jalan berlubang akibat kebocoran pipa PDAM di jalan RT 03 RW 01 langsung direspon cepat pihak PDAM.

baca: https://metroindonesia.id/2021/05/22/pipa-pdam-bocor-ruas-jalan-di-rt-03-tergenang-air-dan-berlubang/

“Terimakasih PDAM yang segera merespon keluhan salah seorang masyarakat kelurahan Bulakan Balai Kandi. Ini merupakan sebuah kewajiban bagi PDAM demi kenyamanan warga sekitar dan bagi pengguna jalan, agar nanti tidak membahayakan”. Ujar Wulan.

Selain itu, Wulan juga mengapresiasi keberanian masyarakat menyampaikan aspirasinya melalui media. Wulan berharap pemerintah tak hanya menunggu laporan masyarakat.

“Peran serta masyarakat juga diperlukan di kejadian seperti ini, mari libatkan perangkat RT/RW, serta tokoh masyarakat untuk melaporkan pada pihak kelurahan ataupun terkait masalah lainnya, agar tak berlama-lama dan segera diperbaiki. Dan mari jalin komunikasi yang baik demi kepentingan masyarakat,” Ajak Wulan.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Sago, Khairul Ikhwan, menyampaikan, pihaknya sudah langsung turun mengerjakan pipa PDAM yang bocor dengan membongkar bahu jalan, dan untuk pengecoran kembali perlu waktu beberapa hari agar tanah yang dibongkar meresap ke dalam selanjutnya baru dilakukan pengecoran. Teknisnya digali bagian dalam saja, tidak sampai mengganggu aspal. Kecuali bagian yang disemen atau cor. berikutnya ditunggu sekitar 5 hari untuk dicor kembali karena waktu 5 hari dimaksudkan sudah terjadi pengerasan.

“Masyarakat jangan sungkan-sungkan untuk melapor jika ada kendala terkait PDAM karena ini sudah menjadi tanggung jawab kami merespon cepat keluhan warga. Perbaikan dilakukan tak lain merupakan komitmen PDAM yang selalu berupaya memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat kota Payakumbuh”. Imbuhnya.

Sebelumnya, Rini (43), warga di RT 03 RW 01 kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat mengeluhkan lubang tersebut akibat bocornya pipa PDAM. Dengan adanya perbaikan ini dirinya mengucapkan terima kasih kepada PDAM Tirta Sago yang dengan sigap merespon aduan masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PDAM Tirta Sago yang sudah memperbaiki kebocoran pipa tersebut. Sehingga kami atau pun warga yang melewati jalan tersebut tidak perlu was-was lagi dengan keberadaan lubang dan genangan air seperti sebelumnya”. Ungkap Rini.

 

Penulis : JPP/JND