Pipa PDAM Bocor, Ruas Jalan di RT 03 Tergenang Air dan Berlubang

Kota Payakumbuh, Sumbar – Salah satu ruas Jalan di RT 03 RW 01, Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat sudah berlubang. Penyebabnya diduga pipa PDAM bocor dan tak kunjung diperbaiki.

Melihat kenyataan ini, salah seorang warga setempat Rini (43), merasa prihatin melihat kondisi jalan tersebut. Menurutnya, apabila tidak diperbaiki dengan segera, lubang jalan akan bertambah besar. Apalagi jalan itu terus tergenang air PDAM belakangan ini dan sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

“Sebelumnya sekitaran jalan itu hanya licin akibat kebocoran pipa PDAM, karena tak kunjung diperbaiki, air menggenangi aspal jalan hingga berlubang. Banyak pengguna jalan sering tergelincir disitu, dan bisa membahayakan warga sekitar itu, terutama anak-anak”. Ujar Rini, Sabtu (22/5).

Dikatakan Rini, sekeliling jalan itu terpaksa diberi tunggul dengan kayu balok untuk mengingatkan pengguna jalan agar tak kebut-kebutan dan berhati-hati melewati jalan ini. Tujuan memasang kayu balok agar pengguna jalan yang lewat mengetahui dengan jelas lubang tersebut agar tidak menjadi korban.
.
Rini juga menyampaikan, bahwa masyarakat setempat sudah melaporkan hal tersebut sekaligus memohon untuk memperbaiki kerusakan pipa kepada petugas PDAM. Dirinya berharap pihak PDAM segera memperbaiki kebocoran tersebut agar tidak timbul korban.

“Jangan tunggu korban berjatuhan terlebih dulu, baru lubang jalan diperbaiki, karena kita tidak ingin masyarakat sekitar dan pengguna jalan terperosok dan tergelincir akibat lubang jalan tersebut, ditambah lagi ketika malam hari, sekitaran lokasi itu sedikit remang”. Kata Rini.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim, saat dihubungi via WhatsApp, mengucapkan terimakasih atas informasinya, biar kita laporkan segera ke PDAM.

Sementara itu, Direktur utama PDAM
Kota Payakumbuh, Khairul Ikhwan kepada mengucapkan terimakasih atas informasi ini. Terkait pipa PDAM yang bocor, pihaknya akan segera melakukan pengecekan dan perbaikan.

Penulisan : JPP/JND