Pemerintah Desa Baru Bentuk Panitia Pemilihan Anggota BPD 

Kab. Melawi, Kalbar – Mendekati pergantian Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kepala Desa Baru, Eet Roskayudi Aroy, membentuk Panitia Pemilihan Anggota BPD, Jumat (21/5) di Aula Kantor Desa.

 

Pembentukan panitia pemilihan BPD Desa Baru dipimpin langsung oleh kepala Desa dan dihadiri semua perangkat desa, ketua RT, tokoh masyarakat dan pemuda.

 

Dalam rapat tersebut Eet Roskayudi Aroy mengatakan, bahwa pembentukan panitia pemilihan BPD dilakukan mengingat masa Bhakti BPD Desa Baru akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2021 mendatang. Diakuinya sesuai Permendagri nomo 110 tahun 2016 tentang BPD, pembentukan panitia pemilihan tidak sesuai jadwal. Menurut UU Desa Nomor 6 Tentang Desa Tahun 2014.

 

“Seharusnya 3 bulan sebelum pemilihan anggota BPD sudah dibentuk kepanitian. Mengingat masa transisi dan padatnya kegiatan di desa dengan berbagai program prioritas pemerintah pusat, maka baru bisa kita lakukan pembentukan panitia. Hal tersebut juga sudah saya konsultasikan dengan kecamatan dan DPMD”, Ujar Kades Eet.

 

Lebih lanjut dikatakan setelah terbentuk kepanitian ini, secara teknis dan mekanisme penyelenggaraan pemilihan BPD diserahkan kepada panitia untuk melakukan pemilihan. “Saya menunggu hasil pemilihan dari panitia yang selanjutnya saya akan sampaikan usulan hasil dari Panitia kepada Bupati melawi melalui Kecamatan untuk diterbitkan SK”. Jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana pemilihan BPD Desa Baru, Ade Gusman Nasir mengatakan dirinya akan bekerja semaksimal mungkin terkait pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan anggota BPD Desa yang nantinya sebagai mitra kerja Pemerintah Desa Baru.

 

“Sesuai ketentuan peraturan menteri nomor 110, maka dipastikan pemilihan anggota BPD akan dilakukan dengan mekanisme Musyawarah perwakilan. Dalam pemilihan tersebut akan kita jaring sebanyak sembilan (9) orang anggota BPD sebagai representasi perwakilan masyarakat desa baru sebagai mitra kerja pemerintah Desa Baru ke depan. Tetap mengedepankan keterwakilan perempuan di dalam keanggotan BPD”. Ungkapnya.

 

Selanjutnya disampaikan bahwa desa baru memilik 7 Dusun, yang nantinya akan dibagi zonasi sesuai besaran jumlah penduduknya. Ada dusun yang akan mendapatkan jatah kursi 2 bagi anggota BPD, dan ada 1 kursi “Nanti akan kita sesuaikan dengan besaran jumlah penduduk tiap-tiap dusun. Dan rencananya pemilihan ini akan dilakukan secara terjadwal di tiap-tiap dusun”. Tutupnya.

 

Penulis : Ade Shalahudin