Satreskrim Narkoba Polres Humbang Hasundutan Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba di Rutan Kelas II B

Kab. Humbang Hasundutan, Sumut – Tim Satuan Reskrim Narkoba Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan Penangkapan terhadap 3 (tiga) orang yang diduga memiliki barang Narkotika jenis Sabu. Ketiganya ditangkap di lokasi yang berbeda.

Kasat Res Narkoba, AKP Rissad Manalu menyampaikan, Gulman (52) dan Alexander (37) ditangkap Satreskrim narkoba saat hendak menjual sabu-sabu ke Kabupaten Humbahas. Petugas melakukan penyamaran sebagai pembeli untuk meringkus keduanya.

“Petugas sudah lama melakukan penyelidikan dan penyamaran sebagai pembeli terhadap kedua tersangka. Pada penyamaran yang ketiga, kedua tersangka ditangkap di Dusun II Aek Godang Arbaan, Desa Onan Ganjang pada hari Selasa tanggal 11 Mei 2021 lalu”. Jelas AKP Rissad, Senin (17/5) dalam keterangan persnya.

Dikatakan lebih lanjut, dalam penangkapan tersebut ditemukan barang bukti berupa 1 bungkus plastik berisi sabu seberat 13 gram. Hasil pengembangan penyelidikan, keduanya mengaku diperintahkan oleh Mikael (52) yang telah ditahan sebelumnya di Rutan Kelas II B Humbahas. Dari pengakuan keduanya Tim langsung bergerak ke Rutan untuk mengamankan Mikael ke Mapolres Humbahas untuk dimintai keterangan.

“Saat di interogasi, Mikael mengakui segala perbuatannya. Kami juga berhasil menyita barang bukti berupa 2 unit handphone yang dipakai tersangka di Rutan untuk melakukan komunikasi dengan Gulman dan Alexander”. Terangnya.

Kedua tersangka, Gulman dan Alexander keduanya dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Yo Pasal 112 Ayat (2) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. Sedangkan Mikael dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Yo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Kabupaten Humbahas, Revanda membenarkan kejadian tersebut. Mikael merupakan pindahan dari Lapas Sibolga dengan kasus yang sama. “Untuk lebih jelas kita akan lakukan konferensi pers”. Tutupnya.

Penulis : B. Simanjuntak

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI