Sebanyak 14 orang di Kecamatan Sayan Terkonfirmasi Covid-19

Kab. Melawi, Kalbar – Berdasarkan laporan yang disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Sayan,  Sudarmono kepada Sekretaris Kecamatan. Tercatat 14 orang warga Kecamatan Sayan dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan. Informasi tersebut disampaikan di ruangan kerja Sekcam, Selasa (4/5).

Menyikapi hal tersebut, Kecamatan Sayan dinyatakan Siaga 1 dalam penanganan Covid-19. Selain itu untuk proaktif berkoordinasi dan konsultasi menyikapi kejadian tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Camat Sayan Nomor 460./133/Kesra/2020 tgl 6 April 2020 tentang penangan Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tercatat sebanyak 10 orang asal Desa Nanga Pak dinyatakan reaktif, 2 orang dari Desa Sayan Jaya, 1 orang dari Desa Lingkar Indah, dan 1 orang dari Desa Mekar Pelita. Rumah yg terkonfirmasi positif langsung di semprot oleh satgas covid desa Lingkar Indah. Karena 1 orang warga desa lingkar indah terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesuai laporan dari puskesmas sayan, Pemerintah Kecamatan Sayan mengintruksikan agar segera dilakukan tindakan penyemprotan desinfektan di Desa yang warganya terkonfirmasi dan reaktif Covid-19. Selain itu Pemerintah Kecamatan juga meminta kepada Kepala Desa agar membagikan masker, handsanitizer, serta vitamin kepada warfa yang terpapar Covid-19 dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya pemerintah Kecamatan Sayan juga langsung melakukan tracking kepada siapa saja pasien ini berhubungan atau berkomunikasi secara kontak langsung. Sementara itu, 14 orang yang terpapar dan diantaranya dinyatakan positif langsung di evakuasi ke RSUD Melawi untuk menjalani perawatan atau Isolasi.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI