Desa Nanga Kayan Gelar Pelatihan Pokja SDGs Desa

Kab. Melawi, Kalbar – Sustainable Development Goals (SDGs) desa adalah upaya untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang merata, peduli lingkungan, pendidikan dan kesehatan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Desa Nanga Kayan melakukan pelatihan kepada Kelompok Kerja (Pokja) SDGs Desa. Pelatihan di gelar di Balai Desa, Jumat (30/4).

Kepala Desa Nanga Kayan, Hamdan mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk kesiapan Pokja dalam melakukan pendataan. Dalam Pokja SDGs melibatkan semua perangkat desa dan RT serta masyarakat yang dilatih oleh Tenaga Pendamping Desa Kabupaten. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menguasai tata cara pengisian formulir pendataan.

“Selaku kepala desa, saya mengajak kita semua untuk mensukseskan kegiatan SDGs Desa. Pendataan ini akan menjadi data base Desa Nanga Kayan secara menyeluruh. Sehingga ke depannya Desa dapat mengetahui potensi yang dimiliki, naik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya”. Ucapnya, saat diwawancarai usai kegiatan.

Lebih lanjut dikatakan, kepada Pokja yang telah ditunjuk agar cermat dalam melakukan pendataan kepada masyarakat. Dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk memberikan informasi yang sebenarnya kepada Pokja yang bertugas melakukan pendataan nantinya.

“Saya berharap masyarakat memberikan data dan informasi yang benar kepada petugas SDGs Desa. Sehingga memudahkan desa untuk menentukan kebijakan pembangunan ke depannya. Sekali lagi mohon kerjasamanya kepada warga desa Nanga Kayan terkait pendataan SDGs ini”. Tutupnya.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI