JMI Sumut Dukung Langkah Walikota Medan Berantas Pungli

Medan, Sumatera Utara – Kabar tentang adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) di Kantor Kelurahan di Kota Medan sudah bukan barang baru lagi. Pemberantasan pungli menjadi pioritas utama Walikota Medan, Bobby Afif Nasution.

Tidak sedikit warga Kota Medan yang mengeluh saat mengurus surat-surat di Kantor Kelurahan dengan harga yang telah ditentukan. Lurah tidak akan menandatangani surat atau dokumen jika tidak memenuhi apa yang dimintanya. “Ini sudah jadi penyakit namanya, perlu di berantas”. Tegas Thamrin, Divisi Advokasi Jaringan Media Independen (JMI) Sumut, Sabtu (24/4).

Menyikapi dicopotnya Hermanto, Lurah Sidorame Timur, Kecamatan Medan oleh Walikota Medan, dihadapan awak media mengatakan, bahwa tindakan Bobby Afif Nasution sudah tepat dan benar.

“Tindakan oknum Lurah tersebut sudah menyalahi aturan, apalagi dalam situasi sulit seperti ini, negara saja sudah kewalahan menghadapi Covid 19. Enak-enaknya Lurah dan Staf Kelurahan maupun Kepala Lingkungan yang sudah digaji negara memungut uang saat warga mengurus surat menyurat”. Pungkas Thamrin dengan nada kesal.

Dikatakan Thamrin, Negara sampai saat ini terus menyantuni rakyatnya dengan memberikan bantuan-bantuan beraneka ragam agar rakyat tidak serta merta mengalami masalah besar soal keuangan dalam menghadapi Pandemi saat ini.
Seharusnya aparatur terendah di Kelurahan maupun di Kecamatan membantu program Pemerintah Pusat sehingga rakyat tidak menjerit.

“Kami dari JMI Sumut mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang diambil Bobby Afif Nasution Walikota Medan saat ini. Pioritas utama adalah membersihkan oknum-oknum Abdi Negara yang berada dilingkungan Pemkot Medan”. Tegasnya.

Dikatakan Thamrin, bagi masyarakat Kota Medan yang mengalami pungli di Kantor-Kantor Kelurahan Kota Medan agar segera melaporkan ke sekretariat JMI di Jalan Bilal Ujung No. 214 C Medan Timur untuk ditindaklanjuti.

“Kita sama-sama membantu program kerja Walikota Medan Bobby Afif Nasution untuk memberantas pungli. Agar Kota Medan yang kita cintai ini menjadi kota bersih terbebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)”. Imbuhnya.

Thamrin juga berharap kepada Walikota Medan, agar terus melakukan investigasi disetiap Kelurahan maupun di kantor kecamatan serta di kantor-kantor Dinas dibawah naungan Pemkot Medan. Selain itu, juga mendengar langsung keluhan warga terkait adanya pungli dilingkungan pemerintahannya.

Penulis : Redaksi

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI