Bupati Melawi Sampaikan Rancangan RPJMD Tahun 2022-2026

Kab. Melawi, Kalbar – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Melawi Tahun 2022-2026 pada Rapat Paripurna ke III Masa Sidang Kesatu Tahun 2021 DPRD Kabupaten Melawi, Kamis (22/04/2021).

H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan, rancangan awal RPJMD merupakan amanat dari Pasal 49 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, dimana disampaikan RPJMD diajukan ke DPRD untuk dibahas bersama, yang penyusunannya dimulai sejak Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dilantik.

Menurutnya, rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang telah disusun sebelumnya dengan berpedoman pada visi, misi, dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih. Dirinya juga mengatakan bahwa penyampaian rancangan awal RPJMD tersebut masih merupakan tahap awal dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2022-2026.

“Penyampaian rancangan ini merupakan tahap awal, karena setelah pembahasan dan adanya kesepakatan DPRD, rancangan awal RPJMD ini akan dikonsultasikan kepada Gubernur untuk mendapatkan masukan dan saran dalam penyempurnaan rancangan awal RPJMD ini”. Jelasnya.

“Setelah melalui tahapan tersebut selanjutnya akan dilakukan Musrenbang guna penajaman dan penyelarasan serta penyempurnaan yang pada akhirnya akan dibahas kembali dengan DPRD setelah menjadi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD Kabupaten Melawi Tahun 2022-2026”. Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Melawi menyampaikan visi pembangunan lima tahun kedepan yaitu mewujudkan Kabupaten Melawi adil, pantas, hebat dan berlandaskan gotong royong. Untuk mewujudkan visi tersebut, terdapat enam misi yang akan diwujudkan, yaitu menjadikan Kabupaten Melawi sebagai Kabupaten pertanian dan perkebunan, yang terintegrasi, menuju desa mandiri, pembangunan ekonomi kerakyatan, menciptakan dunia usaha dan ramah investasi yang adil dan pro rakyat dengan pengelolaan sumber daya alam dengan konsep kelestarian lingkungan.

Selanjutnya, terwujudnya Kabupaten Melawi dengan pembangunan infrastruktur yang modern, merata, berkeadilan, berkualitas dengan melestarikan budaya dan kearifan lokal. Kemudian terwujudnya pelayanan pendidikan dan kesehatan. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berwibawa dan berkualitas dengan prinsip good governance. Mewujudkan masyarakat Kabupaten Melawi berbudaya, cerdas, mandiri, dan inovatif dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

Bupati juga mengatakan ada tujuh program unggulan yang menjadi prioritas pada masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Melawi, yaitu program di bidang pertanian dan perkebunan, penyediaan lapangan kerja, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, sosial kemasyarakatan, pemerintahan, serta program budaya dan pariwisata.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota DPRD Kabupaten Melawi yang telah mengagendakan rapat paripurna tersebut sebagai langkah percepatan dalam tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Melawi Tahun 2022-2026”. Tutupnya.

Penulis : Redaksi/Humas