Desa Baru Laksanakan Pembekalan Pokja SDGs Tahun 2021

Kab. Melawi, Kalbar – Dalam rangka mensukseskan progam Sustainable Development Goals (SDGs) Kementerian Desa. Pemerintah Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi melaksanakan pembekalan kepada Kelompok Kerja SDGs Desa. Kegiatan digelar di Aula Kantor Desa Baru, Rabu (21/4).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Baru, Eet Roskayudi Aroy mengatakan SDGs merupakan program nasional terkait data base desa. Diharapkan dengan adanya program pendataan ini dapat memaksimalkan potensi Desa Baru secara menyeluruh. Dirinya juga meminta masyarakat Desa Baru agar bisa bekerjasama dengan petugas pendataan dati desa nantinya.

“Ayo lakukan secara bersama pendataan SDGs, mengingat data ini sangat penting untuk kita semua. Saya minta kepada masyarakat Desa Baru agar bisa bekerjasama dengan petugas dalam melakukan pendataan. Pendataan ini sangat penting untuk menentukan arah kebijakan pembangunan desa ke depan”. Ucapnya.

Eet Juga mengatakan, meskipun pembekalan ini dilakukan dalam kondisi bulan puasa, dirinya meminta para petugas atau kelompok kerja yang mengikuti pembekalan agar berkonsentrasi. Pelatihan pengisian form SDGs perlu kecermatan dan ketelitian, mengingat form tersebut terbagi menjadi 4 form isian. Diantaranya yang paling banyak adalah form isian individu.

“Agar pembekalan ini dapat berjalan sesuai yang kita harapkan. Saya meminta langsung agar Tim Tenaga Ahli Pendamping Kabupaten terjun langsung memberikan pembekalan ini. Mengingat dalam metode input data SDGs dilakukan secara manual juga data tersebut akan di input secara online menggunakan sistem android”. Pungkasnya.

Acara pembekalan yang di gelar tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Penulis : Ade Shalahudin