Ops Yustisi Gabungan Satgas Covid-19, Masyarakat Diminta Terapkan Prokes

Kab. Melawi, Kalbar – Meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Melawi membuat Satuan Tugas (Satgas) gugus Covid-19 Kabupaten menggelar operasi yustisi gabungan. Dalam operasi tersebut dilakukan swab antigen langsung kepada masyarakat. Sabtu (17/4) malam.

Kegiatan Ops Yustisi dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa-Kluisen bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Melawi dan dibagi menjadi 2 Tim.

Wakil Bupati Melawi, Kluisen meminta kepada masyarakat Kabupaten Melawi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Ia juga mengatakan sejak mewabahnya Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia sudah banyak korban meninggal termasuk di Kabupaten Melawi.

“Jangan menganggap remeh terhadap virus Corona. Virus itu ada di sekeliling kita meskipun tidak nampak. Tetap terapkan Prokes Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. Tegasnya.

Dikatakan Kluisen apabila penyebaran Covid-19 di Melawi meningkat, tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan jam malam. Ia berharap masyarakat untuk berkerumun. Satgas Covid-19 akan melakukan penindakan jika masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan Prokes Covid-19.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Ahmad Jawahir menyampaikan sejak mewabahnya Covid-19, di Kabupaten Melawi tercatat 434 orang terkonfirmasi, 29 orang di isolasi dan 11 orang meninggal dunia.

“Sementara ini yang total tersuspek 184 orang, di rawat 5 orang, dicarded atau suspek yang sudah sembuh 178 orang dan probable atau orang yang diyakini sebagai suspek dengan ISPA Berat atau gagal nafas akibat aveoli paru-paru penuh cairan (ARDS) atau meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR”. Terangnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa operasi yustisi ini akan terus dilakukan untuk mengetahui perkembangan penyebaran virus Covid-19. Adapun tempat yang menjadi target operasi selain warung kopi atau cafe juga tempat-tempat hiburan.

“Masyarakat Kabupaten Melawi dapat melihat langsung data perkembangan Covid-19 di website resmi dinkesmelawi.com dan Instagram. Hasil swab antigen malam ini di Meetup cafe sebanyak 64 orang dinyatakan negatif. Kita masih belum tahu hasil secara keseluruhan. Kami minta masyarakat untuk tetap menerapkan Prokes Covid-19”. Tutupnya.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI