Program Percepatan Vaksinasi Nasional dan Perayaan Keagamaan, Polres Melawi Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Kab. Melawi, Kalbar – Kepolisian Resor Melawi menggelar Rapat Koordinasi lintas Sektoral tentang Percepatan Program Vaksinasi Nasional dan Perayaan Keagamaan (Hari Raya Paskah, Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H). Kegiatan dilaksanakan di Aula Tri Brata Mapolres Melawi. Kamis (1/4).

AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, memimpin langsung rakor, didampingi LO Kodim 1205 Sintang, Wakil Bupati Melawi, Kluisen, Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, Pejabat Utama Polres Melawi, Dinas Kesehatan, BPBD, Sat Pol PP, Perhubungan, Ketua Muhammadiyah, MUI, Ormas serta Tokoh Agama dan Masyarakat.

Dalam sambutannya Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, menyampaikan Rakor dilaksanakan guna mengantisipasi perkembangan situasi terkini Kamtibmas menjelang Paskah dan bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H serta percepatan vaksinasi Covid-19. Rakor ini juga untuk menyamakan persepsi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam melakukan pengamanan.

“Saat ini, Vaksinasi Covid-19 peringkat ke 4 untuk Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat. Hal tersebut sudah bagus dan perlu ditingkatkan meskipun dimungkinkan adanya kendala di lapangan. Seperti adanya masyarakat yang masih takut atau khawatir untuk di vaksin. Kita harus menyamakan persepsi, visi dan misi dalam mensukseskan Vaksinasi Covid-19 ini”. Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, melihat beberapa kejadian akhir-akhir ini, Polres Melawi telah melakukan upaya peningkatan keamanan baik di Mako maupun kegiatan masyarakat. Kami menjamin keamanan di Kabupaten Melawi. Untuk hal tersebut kita harus bersinergi dalam menjaga situasi kamtibmas.

“Polres Melawi juga mengantisipasi terkait adanya postingan atau konten di media sosial terkait kejadian belakangan ini yang dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat. Menyikapi perayaan hari-hari besar keagamaan serta terkait Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, sudah jelas aturan Pemerintah bahwa kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan, tetapi untuk perayaan keagamaan dibatasi guna mencegah terjadinya kerumunan. Selain itu, sudah ada larangan Mudik untuk Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semua itu bertujuan untuk percepatan Penanganan Covid-19”. Tutup Kapolres.

Sementara itu Wakil Bupati Melawi, Kluisen menyampaikan kepada masyarakat agar jangan takut melakukan ibadah dan selalu lakukan koordinasi yang baik dengan instansi-instansi terkait dan tetap patuhi protokol Kesehatan.

“Mari secara bersama-sama mengingatkan saudara-saudara kita agar pada saat kegiatan perayaan keagamaan supaya jangan takut dan saling bekerjasama antar organisasi, membangun komunikasi yang baik dengan pihak-pihak terkait. Untuk vaksinasi, sampaikan juga kepada saudara-saudara kita agar jangan takut untuk divaksin demi Kesehatan”. Ucapnya.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI