Qualtrics Employee Experience Tren, mengungkap pendorong utama dari keterlibatan interaksi karyawan di Indonesia pada tahun 2021

  • Laporan tahunan menemukan keterlibatan & niat untuk tetap bekerja dari karyawan di Indonesia melebihi rata-rata global

JAKARTA, INDONESIA – Media OutReach – 31 Maret 2021 – Penelitian baru yang dirilis hari ini oleh Qualtrics (Nasdaq: XM), pemimpin dalam employee experience (EX) dan kreator kategori experience management (XM), telah mengungkapkan pendorong utama dari keterlibatan karyawan di Indonesia untuk tahun 2021.

Menurut Laporan Tren Pengalaman Karyawan Indonesia 2021, merasakan kesadaran memiliki tujuan dari pekerjaan saya dan terus meningkatkan cara menyelesaikan pekerjaan muncul sebagai dua pendorong utama keterlibatan karyawan. Memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur, kesempatan untuk belajar dan berkembang, serta merasa bangga atas upaya perusahaan untuk memberikan dampak positif kepada dunia, menempati posisi lima teratas.

Keterlibatan karyawan di Indonesia di atas rata-rata global

Terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapi oleh bisnis dan pemerintah pada tahun 2020, tingkat keterlibatan karyawan di Indonesia secara keseluruhan adalah 76%, melebihi rata-rata global sebesar 66%. Niat untuk tetap bekerja bagi karyawan di Indonesia juga melebihi rata-rata global, dengan 79% responden mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk tetap bekerja di organisasi mereka selama tiga tahun atau lebih – dibandingkan dengan 70% secara global.

Kesejahteraan, yang merupakan kontributor penting bagi EX secara keseluruhan, terus menjadi prioritas bagi pekerja dan diperkirakan akan menjadi tren utama bagi organisasi pada tahun 2021. Rasa memiliki sangat penting dalam konteks kesejahteraan. Karyawan yang merasa diterima hampir 3x lebih mungkin menilai kesejahteraan mereka dengan baik daripada mereka yang merasa tidak diterima (84% vs 23%).

Tiga perempat (75%) karyawan di Indonesia menilai kesejahteraan mereka baik secara keseluruhan, yang sekali lagi melebihi rata-rata global yaitu 67%.

Lauren Huntington, EX Solutions Strategy, Qualtrics Asia Tenggara, mengatakan, “Tahun 2020 mengubah dunia kerja secara permanen, dan secara global, kami menyaksikan pergeseran pendorong keterlibatan secara signifikan daripada tahun lalu. Seiring dengan penantian bisnis dan pemerintah terhadap tahun 2021, kami berharap untuk melihat pendorong keterlibatan ini berevolusi sekali lagi karena pembatasan terus berubah. Untuk memastikan tim diberikan dukungan dan layanan yang mereka butuhkan dalam situasi yang berubah dengan cepat ini, penting bagi para pemimpin untuk memahami bagaimana tren yang muncul membentuk kembali tempat kerja, dan apa yang dapat mereka lakukan untuk merancang dan meningkatkan pengalaman karyawan.”

Mengungkap kesenjangan pengalaman

Menurut studi Qualtrics, 95% karyawan percaya bahwa penting bagi perusahaan mereka untuk mendengarkan, dengan 78% mengatakan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik. Namun, hanya 44% yang mengatakan perusahaan mereka melakukan tindakan dengan baik berdasarkan umpan balik yang mereka terima.

“Meskipun menyenangkan ketika melihat pemberi kerja mendengarkan tim mereka, namun studi menguraikan tentang pentingnya menindaklanjuti masukan. Tidak ada satu pendekatan yang cocok untuk semua kondisi untuk meningkatkan pengalaman karyawan. Dengan menanggapi tanggapan dari tim mereka di seluruh siklus hidup karyawan dan pada momen utama yang penting, bisnis dapat merancang pengalaman yang lebih baik.”

“Dampak bisnis dari mendengarkan dan bertindak atas umpan balik yang diterima sangatlah besar. Ketika organisasi benar-benar mengambil tindakan, skor meningkat di seluruh keterlibatan karyawan (89%), kesejahteraan (87%), dan niat untuk tetap bekerja (90%),” kata Huntington.

Tentang studi

Laporan Tren Pengalaman Karyawan Global 2021 meneliti lebih dari 11.800 karyawan yang bekerja secara penuh waktu di 20 negara yang berbeda di seluruh dunia, untuk mengetahui apa saja yang berubah dalam pengalaman karyawan, dan apa saja yang mendorong keterlibatan karyawan di dunia setelah COVID. Ada 484 responden peserta survei yang berasal dari Indonesia.

Untuk mengunduh Laporan Tren Pengalaman Karyawan Global 2021, silakan klik di sini.

Tentang Qualtrics

Qualtrics, pemimpin dalam pengalaman karyawan dan kreator kategori Experience Management (XM), melakukan perubahan pada cara organisasi dalam mengelola dan meningkatkan empat pengalaman inti dari bisnis, yaitu pelanggan, karyawan, produk, dan merek. Lebih dari 13.000 organisasi di seluruh dunia menggunakan Qualtrics untuk mendengarkan, memahami, dan mengambil tindakan terhadap data pengalaman (X-data™) –– keyakinan, emosi, dan niat yang menyampaikan kepada Anda tentang mengapa sesuatu terjadi, dan apa yang harus dilakukan. Qualtrics XM Platform™ adalah system of action yang membantu bisnis menarik pelanggan untuk stay lebih lama dan membeli lebih banyak, melibatkan karyawan yang membangun budaya positif, mengembangkan produk terobosan yang disukai banyak orang, dan membangun merek yang disukai banyak orang. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi qualtrics.com.