MKKS Laksanakan Ujian Sekolah Secara Daring/Online di Masa Pandemi Covid-19

Kab. Melawi, Kalbar – Perkumpulan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) telah melaksanakan Rapat Koordinasi se Kalimantan Barat guna membahas Ujian Satuan Pendidikan (UPS). Kegiatan Rakor dilaksanakan di Kabupaten Sanggau, tanggal 19 s/d 20 Maret 2021 lalu.

Berdasarkan hasil rakor tersebut dihasilkan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan USP. Ujian Sekolah (US) bagi peserta didik kelas XII program MIPA dan IPS dilaksanakan dari tanggal 29 Maret hingga tanggal 9 April 2021. Adapun bentuk dilakukan secara daring/online.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran kepada orang tua/wali terkait USP/US. Peserta didik agar segera mendaftarkan diri ke panitia USP/US di satuan pendidikan masing-masing. Bagi peserta didik yang tidak memiliki handphone android dan susah jaringan internet agar datang langsung ke sekolah. Selain itu, Sekolah juga menyediakan 20 unit komputer bagi peserta didik yang tidak punya Hp android”. Kata Suamardiyana, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Nanga Pinoh, Senin, (29/3) saat ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya permasalahan dalam melaksanakan ujian adalah masalah kelistrikan. Dimana pada ujian sebelumnya pernah terjadi pemadaman saat ada ujian nasional di sekolah. Dalam hal ini dirinya mengatakan sudah menyurati pihak PLN terkait pelaksanaan ujian agar tidak terjadi pemadaman saat ujian.

“Menyikapi soal kelistrikan, kami sudah menyampaikan surat permohonan kepada pihak PLN, surat tersebut juga kita tembuskan ke Bupati Melawi, Kepala Disdikbud Kabupaten dan Provinsi. Kecuali ada kejadian alam atau teknis yang dialami, kita bisa memaklumi. Saya harap dalam pelaksanaan USP/US nanti tidak ada kendala soal listrik”. Ungkapnya.

Terkait kelulusan peserta didik, Sumardiyana mengatakan bahwa hasil rakor MKKS lalu, peserta didik dinyarakan lulus dari sekolah apabila telah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Memperoleh nilai sikap atau perilaku yang baik. Yang terpenting adalah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan atau sekolah.

Penulis : Ade Shalahudin