Panen Kentang, Tiga Menteri Kunjungi Lokasi Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan

 

Kab. Humbahas, Sumut – Menteri Perekonomian Maritim dan investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimeoljono melakukan lokasi Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kunjungan tersebut dalam rangka panen raya kentang di Desa Riaria dan kick off Lokasi pengembangan 785 hektar food estate di Desa Hutajulu, Selasa (23/3).

Hadir bersama rombongan pada kunjungan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Hinsa Siburian didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak. Rombongan disambut langsung Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Humbahas.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor saat di lokasi Food Estate hortikultura menjelaskan secara singkat areal Food Estate 215 hektar yang sudah diolah dan telah dipanen, yaitu bawang merah, bawang putih dan kentang.
Selanjutnya akan dilaksanakan perluasan pengembangan 785 hektar di Desa Hutajulu melalui media poster.

Usai panen kentang bersama,
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), menyampaikan bahwa untuk tahun 2021 ini akan fokus kepada pengembangan Food Estate dengan luasan 1000 Hektar. Pengembangan akan tetap dilaksanakan secara bertahap.

“Saya berharap petani agar para petani menuruti arahan pemerintah dan tidak perlu khawatir karena hasil pertanian akan dibeli dan harganya sudah dijamin serta para petani akan diberikan pupuk organik”. Ujar LBP dihadapan para petani.

Pada kunjungan tersebut, para petani juga diberikan arahan dalam pengelolaan modal dan hasil pertanian sehingga kedepan kesejahteraan para petani akan semakin baik.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo juga turut memberikan motivasi kepada kelompok tani. “Jika kelompok tani rajin maka hasil pertaniannyapun akan banyak dan sebaliknya, jika petani tidak rajin hasilnyapun akan kurang. Petani juga harus disiplin dalam bertani”. Ucap Syahrul Yasin Limpo.

Usai panen kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan dua belas para pihak dalam rangka Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundtuan. Kemudian rombongan bergerak menuju lokasi pengembangan food estate di Desa Hutajulu Kecamatan Pollung.
*(B.S/Diskominfo)