Dukung Program Prioritas Nasional, TNI-POLRI Tingkatkan Sinergitas

Kab. Melawi, Kalbar – Dalam rangka meningkatkan sinergitas TNI-Polri dan menjaga kepentingan Nasional. Polres Melawi dan Dandim 1205 Sintang melalui Koramil Kecamatan Nanga Pinoh menggelar acara Coffee Morning dan Silaturrahmi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Markas Koramil Nanga Pinoh-01 Selasa (23/3), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto dalam sambutannya mengatakan hubungan baik antara TNI-Polri perlu untuk ditingkatkan. TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Silaturrahmi TNI-Polri ini sekaligus sebagai upaya untuk tetap menjaga Kambtibmas di wilayah hukum Melawi.

“Saya meminta sinergitas yang sudah terjalin kita pelihara. TNI-Polri merupakan pilar dan garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Silaturrahmi ini juga sebagai upaya dalam penegakan agenda prioritas nasional saat ini yaitu penanganan Karhutla dan Covid-19”. Ujar AKBP Sigit.

Lebih lanjut dikatakan Sigit , Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus saling bersinergi dengan Pemerintah Desa yang didampingi. Semua personil yang bertugas harus tetap menjaga kesehatan karena pandemi covid-19 belum tahu kapan selesai. Terus himbau kepada masyarakat agar menerapkan Prokes untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu, Perwira Penghubung Dandim 1205 Sintang, Mayor Arh. Eddy Winarno juga mengatakan bahwa TNI sudah lama bersinergi dgn Polri. Saat ini banyak anggota TNI yang baru dan masih muda. Dirinya meminta dukungan dan bimbingan dari personil yang lebih senior saat bertugas dilapangan.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan coffee morning dan silaturahmi ini terus memperkuat sinergitas TNI-Polri dalam menjaga keutuhan NKRI. Saya berharap juga pandemi covid-19 bisa segera berakhir”. Harapnya.

Kapten Arm Iman Yulianto menambahkan bahwa kegiatan prioritas nasional, Karhutla dan penanggulan Covid-19 sudah sampai di tingkat desa. Selain itu pembentukan posko di desa dibentuk di setiap RT yang ada di desa. Kegiatan tersebut juga bersinergi dengan pemerintah desa setempat.

“Untuk penanggulangan pencegahan penyebaran covid-19 kami bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk membuat posko dan tempat mencuci tangan. Selain itu juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat”. Tutupnya.

Pada acara tersebut hadir jajaran Pejabat Utama Polres Melawi, Polsek Nanga Pinoh, serta personil Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari kedua institusi tersebut. Acara ditutup dengan ramah tamah seluruh anggota yang hadir.

Penulis : Ade Shalahudin

A. Rachman

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia Bersertifikat assesor BNSP RI. Pengurus di KOWARI