NHK WORLD-JAPAN Mempersembahkan “3.11

Ten Years On,” Koleksi Program Baru dan Berulang untuk Memperingati 10 Tahun Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Tercatat di Jepang

TOKYO, JEPANG –  NHK WORLD-JAPAN, satu-satunya lembaga penyiaran publik Jepang dengan layanan internasional berbahasa Inggris, NHK, mengumumkan pada hari ini bahwa lembaga tersebut akan mempersembahkan sekumpulan program perdana dan berulang untuk menandai peringatan 10 tahun Gempa Bumi Dahsyat di Jepang Timur pada tanggal 11 Maret 2011, yang memicu tsunami, kebocoran di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, dan kehancuran massal di sepanjang pantai timur Jepang. Acara program ini mengudara di sepanjang bulan Maret dan April. Deskripsi dari seluruh program dalam “3.11 — 10 Years On”, termasuk video multilingual (Myanmar, Tionghoa, Indonesia, Korea, Portugis, Spanyol, Thai, dan Vietnam) tersedia di halaman web khusus ini.

Salah satu sorotan dalam program ini adalah tayangan perdana TV internasional dari Ken Watanabe – A Compassionate View: The Decade Since the Great East Japan Earthquake atau Sudut Pandang Kasih: Satu Dekade Sejak Gempa Bumi Dahsyat Jepang Timur. Ken Watanabe, bintang Hollywood berkebangsaan Jepang (“Last Samurai”, “Batman Begins”, “Godzilla”, “Transformers”) telah menarik perhatian internasional terhadap bencana tersebut dan mendengarkan berbagai kisah lebih dari 20.000 orang dalam satu dekade terakhir. Tayangan dokumenter ini mengikuti aktor tersebut ketika ia mengunjungi beberapa komunitas yang mengalami dampak terbesar akibat bencana tersebut dan berkenalan dengan para korban. Program ini mengudara pada hari Sabtu, 6 Maret. (UTC)

Tayangan perdana TV internasional lainnya, Generation March 11: Their 10 Years Journey, atau Generasi 11 Maret: Perjalanan Mereka Selama 10 Tahun, menceritakan berbagai kisah dan menelusuri progres kehidupan anak-anak yang lahir di wilayah bencana tersebut. Program peringatan ini juga meliputi acara dokumenter baru yang menampilkan artis animasi gerak henti (stop-motion animation) pemenang penghargaan yang paling produktif di Jepang, Tomoyasu Murata, dan karya-karyanya yang memperingati para korban bencana, yang disiarkan sebagai edisi khusus dari seri Anime Supernova.

Di antara program berulang yang menandai peringatan 10 tahun bencana tersebut adalah 3/11-The Tsunami, film dokumenter dua bagian yang ditayangkan perdana secara internasional pada bulan Januari 2021. (tersedia takarir bahasa Indonesia) Seri ini menggabungkan cuplikan dari juru kamera NHK dengan telepon seluler dan video lain yang direkam oleh warga yang berada di lokasi selama dan setelah gempa bumi dan tsunami, serta berbagai upaya pemulihan bencana di negara tersebut pada tahun berikutnya.

 

Tentang NHK WORLD-JAPAN

NHK (Perusahaan Stasiun Penyiaran Jepang) adalah satu-satunya lembaga penyiaran publik Jepang, yang mengoperasikan jaringan televisi domestik dan internasional terbesar di Jepang. Di Jepang, NHK menyiarkan enam saluran TV termasuk 4K dan 8K bersamaan dengan tiga stasiun radio. NHK juga menyiarkan dua saluran televisi internasional, NHK WORLD-JAPAN (Bahasa Inggris, HD, 24/7) dan NHK WORLD PREMIUM (Bahasa Jepang, HD, 24/7), serta layanan radio internasional dalam 18 bahasa. NHK WORLD-JAPAN menjangkau lebih dari 380 juta rumah tangga di 160 negara dan wilayah melalui penyedia TV kabel dan satelit lokal. Online live streaming dan layanan VOD (video-on-demand / video sesuai permintaan) melalui aplikasi seluler gratis dan situs web memungkinkan penonton untuk mengakses NHK WORLD-JAPAN di mana saja dan kapan saja. Anda juga bisa terhubung melalui Roku, Apple TV dan Amazon Fire TV. Mempersembahkan berbagai macam program yang berpusat di Asia, NHK WORLD-JAPAN adalah jendela Anda menuju ke Jepang, Asia, dan seluruh dunia. Untuk detail lebih lanjut, kunjungi nhk.jp/world.